Ria Miranda Rancang Hijab dengan Bantuan Teknologi AI

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 25/10/2019 13:55 WIB
Ria Miranda Rancang Hijab dengan Bantuan Teknologi AI Desainer Ria Miranda saat memamerkan koleksi hijab teranyarnya yang dirancang dengan bantuan teknologi AI di Senayan City, Jakarta, Kamis (24/10). (CNN Indonesia/Puput Tripeni Juniman)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dunia fesyen kini mulai memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI). Teknologi AI itu digunakan untuk membuat desain pola koleksi hijab terbaru Ria Miranda.

Ria berkolaborasi dengan teknologi AI dari Microsoft Rinna untuk membuat desain hijab dalam rangka memperingati 10 tahun berkarya di dunia mode Indonesia. Hijab ini diluncurkan dalam pameran 10 Langkah Ria Miranda, yang merayakan perjalanan satu dekade Ria Miranda. Ini merupakan desain pertama di Indonesia yang menggunakan teknologi AI.

Untuk mendapatkan sebuah desain, Ria memberikan sejumlah kata kunci kepada teknologi AI seperti youth, romantic, vintage, longlasting, dan freedom. Teknologi AI itu lalu menerjemahkan kata kunci itu menjadi berbagai pola desain. Teknologi AI ini telah diberi program kecerdasan mengenal berbagai pola desain.

Setelah mendapatkan kata kunci, hanya dalam hitungan jam, teknologi AI menghasilkan beberapa desain pola. Ria lalu mengolah desain itu untuk lebih disempurnakan dan disesuaikan gaya Ria.

"Teknologi ini bisa merealisasikan kata kunci yang diberikan, sesuai dengan moodboard aku dan dituangkan ke dalam suatu pattern," kata Ria.

Ria Miranda Rancang Hijab dengan Bantuan Teknologi AIHijab koleksi Ria Miranda yang dirancang menggunakan bantuan teknologi AI. (CNN Indonesia/Puput Tripeni Juniman)

Menurut Ria, teknologi ini mempermudah pengerjaan desain. Betapa tidak, pembuatan pola umumnya membutuhkan waktu hingga berhari-hari.

Director of Marketing and Operations Microsoft Indonesia, Linda Dwiyanti mengatakan, Rinna telah mempelajari sebanyak 260 seniman ternama.

"Dia juga memahami desain dan emosi sehingga bisa membuat pola yang benar-benar orisinal," ujar Linda, dalam kesempatan serupa.

Desain teknologi AI ini menghasilkan empat koleksi scarf dengan sentuhan warna biru, cokelat, dan putih. Setiap hijab memiliki pola yang berbeda dan saling tumpang tindih. Pola itu dicetak dalam kain voal.

Hijab dengan desain teknologi AI ini dijual dengan harga Rp425 ribu.

Selain hijab, dalam peringatan satu dekade berkarya Ria membuat pameran 10 Langkah Ria Miranda. Pameran di Senayan City ini menampilkan perjalanan Ria selama berkarier di dunia fesyen.

[Gambas:Video CNN]


(ptj/asr)