Jakarta Fashion Week

FOTO: Dunia Mode dan Pintu Terbuka untuk Kaum Disabilitas

Adhi Wicaksono, CNN Indonesia | Jumat, 25/10/2019 19:17 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Dunia mode semakin terbuka merangkul kaum disabilitas, tak terkecuali di Indonesia.

Dunia mode terbuka bagi siapa saja, tak terkecuali para penyandang disabilitas. (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono)
Tengok saja model-model disabilitas ini. Mereka tengah bersiap-siap untuk melenggak-lenggok di atas catwalk. (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono)
British Council jadi salah satu lembaga yang memberikan kesempatan bagi kaum disabilitas. Tahun 2019 menjadi tahun kedua digelarnya kampanye soal inklusivitas melalui peragaan busana. (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono)
British Council melibatkan model dan seniman disabilitas dalam pertunjukan kolaborasi antara label mode Cotton Ink dan studio seni asal Inggris, Intoart, dalam ajang Jakarta Fashion Week (JFW) 2018. (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono)
Head of Art and Creative Industry British Council, Camelia Harahap menilai, perhatian untuk penyandang disabilitas di Indonesia masih terbilang minim. Perhatian pada disabilitas masih terbatas pada bentuk amal, bukan memberikan kesempatan untuk berkarya. (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono)
Echi Prawitasari adalah model tunadaksa yang ikut terlibat di dalamnya. Dengan kursi rodanya, Echi percaya diri memamerkan busana rancangan para desainer. (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono)
Gelombang kehadiran model disabilitas di dunia mode ini berjalan seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan keanekaragaman bentuk tubuh atau body diversity. (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono)
Sejumlah negara telah lebih dulu memperhitungkan kehadiran model disabilitas di industri mode seperti Amerika Serikat, Inggris, dan masih banyak lagi. (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono)