Angela Tanoe Ingin Turis Lokal Cintai Destinasi Dalam Negeri

CNN Indonesia | Jumat, 25/10/2019 16:37 WIB
Angela Tanoe Ingin Turis Lokal Cintai Destinasi Dalam Negeri Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo. (CNN Indonesia/ Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Komisaris Media Nusantara Citra (MNC) Angela Herliani Tanoesoedibjo resmi dilantik sebagai Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif periode 2019-2024 Kabinet Indonesia Maju.

Angela akan menjadi wakil Wishutama Kusubandio yang dilantik menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif oleh Presiden Joko Widodo pada Rabu (23/10).

Saat bertemu dengan awak media usai pelantikan, Angela mengatakan kalau ia diminta Jokowi untuk membantu Wishnutama salah satunya dalam hal mengembangkan Bali Baru, terutama agar wisatawan domestik lebih sering melakukan perjalanan wisata ke dalam negeri dibandingkan ke luar negeri.


Hingga akhir tahun ini, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mendapat target mendatangkan 18 juta turis wisatawan mancanegara dan 275 wisatawan domestik.


"Sesuai dengan arahan Bapak Jokowi, kita bisa mensinergikan pariwisata dengan ekonomi kreatif. Targetnya wisatawan daripada ke luar (negeri) lebih baik menikmati daerah lokal," kata Angela.

Usai pelantikan di Istana Merdeka, Angela akan bertemu langsung dengan Wishnutama untuk melakukan koordinasi.

Angela merupakan putri sulung dari Ketua Umum Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Hary Tanoesoedibjo. Angela memulai karir politik dalam Partai Persatuan Indonesia (Perindo).

Dia masuk dalam bursa Caleg DPR RI periode 2019-2024 dapil Jawa Timur I. Perempuan kelahiran Ottawa, Kanada, 23 April 1987 ini telah malang melintang dalam dunia media sekitar 10 tahun.

Angela mengneyam pendidikan S1 di University of Technology Sydney pada 2006. Setelah lulus, dia melanjutkan studinya ke jenjang S2 di University of New South Wales. Setelah menyelesaikan pendidikan pada 2010 dia kembali ke Tanah Air dan bergabung sebagai staf keuangan di MNC Group.

Saat ini, dia menjadi Komisaris di MNC sekaligus Wakil Direktur RCTI dan GTV.


Ditanya mengenai jabatan barunya yang bakal banyak berhubungan dengan pemerintahan, Angela justru merasa tertantang meski ia paham ini bakal menjadi dunia baru baginya.

"Pasti ada adaptasi yang harus saya lakukan. Saya berkali-kali pindah unit bisnis dan bidang, jadi saya memang terbiasa menghadapi perbedaan kultur, orang, karakter, dan politik. Ini akan membuka banyak wawasan saya," ujar Angela.

"Pak Wishnutama juga awalnya dari bidang bisnis. Bidang bisnis biasanya bergeraknya lebih cepat. Jadi kalau sudah memutuskan sesuatu, biasanya eksekusinya cepat," lanjutnya.

Saat mulai bekerja dengan Wishnutama nanti, Angela akan fokus membicarakan soal festival dan acara internasional yang berpotensi diadakan di Indonesia, seperti MotoGP atau mungkin F1.

"Wisata dan olahraga akan jadi salah satu fokus. Seperti saat Asian Games lalu. Kita akan mengulang kesuksesan itu saat menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20," pungkasnya.

(fer/ard)