Nikmati Pesona Kalimantan Timur Lewat Festival Mahakam 2019

Advertorial, CNN Indonesia | Senin, 28/10/2019 00:00 WIB
Nikmati Pesona Kalimantan Timur Lewat Festival Mahakam 2019 Pesona Sunset di Derawan Kalimantan Timur (Foto:dok. Shutterstock)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kalimantan Timur jadi pusat perhatian selama tahun 2019 ini. Bagaimana tidak? Provinsi ini ditunjuk sebagai Ibu Kota Republik Indonesia yang baru menggantikan Jakarta. Pastinya, liburan ke Kalimantan Timur akan berbeda nantinya, bahkan dari sekarang.

Hal ini ditambah Kalimantan Timur juga akan mengadakan Festival Mahakam 2019 pada bulan November 2019 ini. Festival Mahakam ke-XIX ini dipastikan semakin meriah daripada penyelenggaraan sebelumnya. Dijanjikan akan ada tambahan agenda dalam penyelenggaraannya nanti.

Sebelum kamu pergi dan menikmati Festival Mahakam 2019 di sana, simak dulu beberapa hal yang harus kamu ketahui tentang event ini. Cari tahu juga hal-hal yang bisa kamu lakukan selama liburan ke Kalimantan Timur, ya!


Catat Tanggal Penyelenggaraannya

Festival Mahakam 2019 tahun ini kembali masuk ke dalam kalender event Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata, 100 Wonderful Event Indonesia. Memang, event yang satu ini cukup bergengsi karena juga jadi sorotan turis asing yang bahkan sengaja datang ke sana untuk menyaksikannya. Tak heran, ajang ini juga jadi waktu yang tepat untuk melihat Sungai Mahakam yang cukup tersohor itu.

Euforia penyelenggaraan jadi tidak seru kalau kamu tidak tahu jadwal penyelenggaraannya. Jadi, kamu harus catat dan pasang pengingat untuk tahu jadwalnya. Festival Mahakam 2019 akan diadakan pada 1 - 3 November 2019.

Tidak perlu ada alasan lagi karena tanggal-tanggal tersebut jatuh pada akhir pekan. Kamu sudah bisa merencanakan liburan ke Kalimantan Timur dari sekarang. Pastikan, kamu ajak keluarga atau teman dekat untuk menikmatinya bersama.

Perlombaan Ada, Festival Budaya Juga Ada

Setiap tahunnya, Festival Mahakam memang selalu memamerkan keindahan dari Sungai Mahakam. Semua orang yang datang bisa berfoto di pinggir sungai dengan pemandangan khas Kalimantan Timur. Pastinya, itu jadi foto yang beda dari liburan kamu keliling Indonesia.

Festival Mahakam tahun ini juga masih menyajikan berbagai perlombaan yang dijamin seru. Kamu bisa menyaksikan lomba berenang, balap perahu naga, tambangan, power boating, jet ski, dan masih banyak lagi. Semuanya akan diselenggarakan di atas Sungai Mahakam.

Selain itu, masih ada puluhan agenda lainnya yang juga tak kalah menarik. Kalau tahun sebelumnya ada tim kebudayaan dari Spanyol, Prancis, dan Italia, tahun ini Festival Mahakam akan diisi oleh tim dari negara Latvia. Tidak mau kan informasi dari tim kebudayaan di sana.

Bukan hanya di atas Sungai Mahakam saja, Festival Mahakam 2019 ini juga akan diadakan di tempat lain di sekitarnya. Kamu bisa datang ke kantor Gubernur Kalimantan Timur untuk menyaksikan berbagai pertunjukkan yang ada.

Kalimantan Timur Bukan Cuma Soal Sungai Mahakam

Festival Mahakam 2019 sudah pasti jadi daya tarik tersendiri pada November 2019 ini. Namun, bukan cuma itu yang dimiliki oleh Kalimantan Timur, loh. Meluangkan waktu lebih lama di sana bisa buat kamu mendapatkan keindahan asli Indonesia khas Kalimantan.

Coba kunjungi Danau Labuan Cermin yang ada di Biduk Biduk, Kabupaten Berau. Danau tersebut terkenal dengan kejernihan airnya. Sampai-sampai kamu bisa melihat sampan layaknya melayang di atas air.

Bisa juga kamu menginap satu atau dua malam di Kepulauan Derawan. Ada banyak penginapan di atas air yang bisa kamu singgahi untuk melepas penat, loh. Di sana, kamu bisa menikmati suara desiran laut langsung dari kamar kamu menginap.

Tunggu apa lagi, coba atur jadwal liburan kamu ke Kalimantan Timur dan cek harga tiket pesawatnya di sini. Jangan sampai kamu melewatkan keseruan Festival Mahakam atau belum pernah punya pengalaman datang ke salah satu provinsi terbaik di Indonesia. Selamat berlibur!

(adv/adv)