Jadwal Puasa Sunah di Bulan Rabiul Awal

tim, CNN Indonesia | Selasa, 29/10/2019 18:13 WIB
Jadwal Puasa Sunah di Bulan Rabiul Awal Tahun Hijriah akan memasuki bulan ketiga yakni bulan Rabiul Awal, untuk memeringatinya ada beberapa jadwal puasa sunah yang bisa dijalankan. (Istockphoto/mustafagull)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tahun Hijriah akan memasuki bulan ketiga yakni bulan Rabiul Awal. Terdapat sejumlah jadwal puasa sunah di bulan Rabiul Awal yang dapat dijalankan untuk menambah amal dan ketaatan bagi umat Islam.

Dalam perhitungan kalender Kamariah, Rabiul Awal merupakan bulan setelah Safar dan sebelum Rabiul Akhir.

Bulan Rabiul Awal dikenal juga dengan nama bulan Maulid karena pada bulan ini lahir Nabi Muhammad SAW. Sang Rasulullah diyakini lahir pada 12 Rabiul Awal di tahun Gajah. Oleh karena itu, bulan Rabiul Awal dianggap juga sebagai bulan kegembiraan dan suka cita.


Selain kelahiran Nabi Muhammad, sejumlah peristiwa penting juga terjadi pada bulan ini. Seperti diangkatnya Muhammad menjadi rasul, peristiwa hijrah, dan wafatnya Nabi Muhammad.


Berdasarkan kemungkinan Rukyatul Hilal Global, awal bulan Rabiul Awal 1441 Hijriah jatuh pada Selasa, 29 Oktober 2019 dan berakhir pada 27 November 2019.

Puasa sunah yang dapat dilakukan pada bulan ini adalah puasa Senin Kamis dan puasa Ayyamul Bidh atau puasa tiga hari di tengah bulan.

Berikut jadwal puasa sunah di bulan Rabiul Awal 1441 H/2019:
Puasa Kamis, 31 Oktober
Puasa Senin, 4 November
Puasa Kamis, 7 November
Puasa Senin, 11 November
Ayyamul bidh 13 Rabiul Awal, 10 November
Ayyamul bidh 14 Rabiul Awal, 11 November
Ayyamul bidh 15 Rabiul Awal, 12 November
Puasa Kamis, 18 November
Puasa Senin, 21 November
Puasa Kamis, 25 November


Puasa sunah di bulan Rabiul Awal ini memiliki tata cara yang sama seperti puasa wajib di bulan Ramadan. Niat puasa sunah juga boleh diucapkan pada hari yang sama, asalkan belum melakukan hal-hal yang membatalkan puasa.


(ptj/chs)