Cara Mengolah Singkong dengan Mudah dan Murah Meriah

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 29/10/2019 00:09 WIB
Cara Mengolah Singkong dengan Mudah dan Murah Meriah Ilustrasi. Tak perlu mahal, singkong dapat diolah dengan cara yang mudah dan murah meriah. (Istockphoto/CarlaNichiata)
Jakarta, CNN Indonesia -- Singkong mendadak jadi bahan pembicaraan banyak orang. Gara-garanya adalah foto penampakan singkong goreng seharga Rp180 ribu di sebuah hotel yang diunggah oleh selebgram Rachel Vennya dan sang suami.

Secara tampilan, singkong yang diunggah Rachel tak ubahnya singkong goreng yang dijual di gerobak pinggir jalan. Tapi, bagi Rachel, singkong itu menjadi salah satu singkong paling nikmat yang pernah dicobanya.

Singkong seperti yang dicoba Rachel itu dapat diolah sendiri dengan harga murah meriah. Singkong nikmat didapat dari umbi berkualitas dan cara pengolahan yang tepat.

Singkong merupakan sayuran akar yang tak boleh dikonsumsi secara mentah. Singkong mentah mengandung sianida yang dapat menjadi racun bagi tubuh.

Berikut cara mengolah singkong yang tepat.

1. Memilih singkong
Pilihlah umbi yang berkualitas untuk mendapatkan rasa yang nikmat.

Dikutip dari The Spruce Eats, singkong yang berkualitas ditandai dengan singkong yang keras dan tidak memiliki permukaan yang lunak serta noda atau bintik-bintik.

Aroma yang segar juga akan tercium dari umbi yang bagus. Saat kulitnya dipotong, warna putih bersih juga jadi ciri singkong yang nikmat.

Daging singkong dengan bintik hitam, garis, atau warna yang berubah sebaiknya tidak dikonsumsi. Akar yang sudah busuk seperti berwarna cokelat dan mengeluarkan bau tak sedap juga tak boleh dikonsumsi.

2. Mengupas singkong
Gunakan pisau yang tajam untuk mengupas kulit singkong. Agar lebih mudah, bagi singkong yang panjang menjadi beberapa bagian. Lalu, kupas kulit dari atas ke bawah pada setiap sisi.

3. Memotong singkong
Singkong yang sudah dipotong dapat diiris menjadi beberapa bagian, tergantung selera. Untuk mendapatkan rasa terbaik, singkong sebaiknya dipotong menjadi dua hingga empat bagian saja.

4. Menghilangkan bagian tengah
Potong sudut bagian dalam singkong untuk membuang akar bagian tengah. Jika tidak dibuang, keberadaan akar sering kali mengganggu saat singkong sedang dilahap.

Singkong yang sudah dikupas dapat disimpan di dalam lemari es hingga empat hari atau dibekukan agar tahan lebih lama.

5. Memasak singkong
Singkong yang sudah dikupas dapat diolah dengan berbagai cara. Mulai dari direbus, dikukus, dipanggang, atau digoreng dengan tepung. Berbagai olahan singkong juga banyak ditemui seperti singkong Thailand.

[Gambas:Video CNN]


(ptj/asr)