Rita dan Delilah, 'Guru' Guinea Pig Penghilang Cemas

tim, CNN Indonesia | Selasa, 29/10/2019 12:56 WIB
Rita dan Delilah, 'Guru' Guinea Pig Penghilang Cemas Sepasang guinea pig (tikus Belanda) menjadi 'guru' untuk membantu para murid melawan kecemasannya. (KatrinKerou/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebuah sekolah di wilayah pedesaan Inggris 'merekrut' staf baru untuk membantu murid-murid di sana yang mengalami cemas dan stres. Sepasang guinea pig (tikus Belanda) bernama Rita dan Delilah diperkenalkan di Warlingham School, Warlingham, Surrey, Inggris.

Rita dan Delilah bertugas menghibur dan menjadi pengalih perhatian murid-murid yang memiliki kecemasan dan terpaksa menahannya. Murid berusia 11-18 tahun dengan kecemasan bisa bermain dengan dua binatang berbulu ini untuk meningkatkan fokus mereka.

Ide unik ini dibawa oleh Helen Kurt, salah seorang asisten pengajar di sana. Dia sempat membawa anjing peliharaannya ke sekolah.


"Respons dari sebagian anak cukup positif. Mereka sangat bersemangat, jadi kami pikir, 'Kenapa kita tidak coba pelihara guinea pig?'," ujar Kurt mengutip dari Metro.


Gagasan Kurt tak langsung dilakukan begitu saja. Dia bekerja sama dengan Lucy Wakefield, pekerja pendukung kegiatan belajar untuk melakukan riset manfaat terapi hewan peliharaan dan guinea pig. Hasil riset pun dipresentasikan pada jajaran pimpinan sekolah.

Kepala sekolah Paul Kinder awalnya ragu. Sekolah musti berpikir dua kali jika bicara soal hewan peliharaan. "Tapi Lucy dan Helen melakukan cukup banyak riset pada terapi hewan peliharaan dan bukti statistik meyakinkan saya. Saya menemukan terapi ini satu yang terbaik untuk menurunkan stres," katanya.

Sesaat setelah kedua guinea pig diperkenalkan, Rita dan Delilah mendadak populer. Membelai guinea pig mampu membantu murid-murid mengurangi kecemasan mereka.

"Mereka lebih bahagia, tenang dan lebih bisa fokus," klaim Lucy. (els/chs)