8 Perawatan Rambut Panjang Agar Tak Mudah Rontok

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 29/10/2019 07:57 WIB
8 Perawatan Rambut Panjang Agar Tak Mudah Rontok Ilustrasi. Menyisir dari bagian bawah rambut memungkinkan Anda untuk mengatasi rambut kusut tanpa menarik folikel keluar dari akarnya. (Foto: Istockphoto/ G-stockstudio)
Jakarta, CNN Indonesia -- Agar senantiasa indah, merawat rambut panjang ternyata bukan perkara mudah. Rambut panjang yang cenderung lebih mudah ditampilkan dalam beragam gaya ini jika tidak dirawat dengan benar, bisa menimbulkan sejumlah masalah mulai dari rambut rontok, bercabang, kering, hingga sulit diatur.

Untuk Anda yang mendambakan rambut panjang nan indah, berikut adalah 8 cara merawat rambut panjang yang bisa Anda lakukan, mengutip berbagai sumber.

1. Tanpa kandungan SLS


Ada beberapa kandungan kimia pada sampo dan kondisioner yang dapat membuat rambut kering pada sebagian orang, salah satunya adalah Sodium Lauryl Sulphate (SLS). Mengutip Times of India, SLS merupakan bahan penghasil busa pada di produk perawatan rambut.
SLS adalah kandungan yang berfungsi untuk menghilangkan kotoran pada rambut dengan cara menyerap minyak. Hanya saja, pada sebagian orang dengan kondisi kulit kepala dan rambut yang sensitif, kandungan ini dapat membuat kulit kepala dan rambut kering serta rapuh.

Jadi, bila kini rambut panjang Anda sedang alami masalah, baiknya hindari sampo berbahan ini dan pilih sampo dengan kandungan yang lebih natural.

2. Mulai dengan air hangat

Sebelum keramas, sebaiknya basahi rambut dengan air hangat. Air hangat dapat membantu membuka pori-pori pada kulit kepala, dengan begitu rambut dapat menyerap nutrisi dari sampo dengan lebih baik.

Sebaliknya, Anda sebaiknya menggunakan air dingin untuk membilas rambut setelah keramas. Air dingin mampu membantu menutup pori-pori pada kulit kepala serta mengunci nutrisi yang telah diserap, dengan begitu rambut akan lebih lembab dan sehat.

3. Kondisioner hanya untuk ujung rambut

Alih-alih membuat rambut tampak indah dan terawat, penggunaan perawatan rambut yang asal-asalan malah akan membuat rambut rusak. Salah satu kesalahan dalam penggunaan perawatan rambut yang sering terjadi adalah ketika mengaplikasikan kondisioner.

Masih banyak orang yang menggunakan kondisioner dari akar rambut, padahal seharusnya kondisioner hanya diaplikasikan di bagian batang rambut yang paling sering mengalami kerusakan, yaitu dari tengah hingga ujung.

Sedangkan bila Anda menggunakan kondisioner dari akar rambut, cara ini dapat membuat kulit kepala berminyak.

4. Menyisir dari ujung

Menyisir rambut mungkin terlihat sebagai rutinitas yang sepele, namun jika tak dilakukan dengan benar hal ini justru bisa menjadi penyebab rambut rontok. Dilansir dari Bustle, sisir rambut Anda mulai dari bagian bawah.

"Mulai dari bagian bawah memungkinkan Anda untuk mengatasi rambut kusut tanpa menarik folikel keluar dari akarnya," ungkap Kelsey Osterman, penata rambut senior di New York's Cutler Salon.

Selain itu, jangan menyisir rambut dalam keadaan basah. Rambut yang basah lebih sensitif dan mudah patah, termasuk menyebabkan rambut rontok hingga bercabang.

5. Manfaatkan 'heat protection'

Alat penata rambut seperti catokan dan hair dryer memang dapat membuat rambut tampak lebih rapi dan cantik, namun jika digunakan setiap hari, alat penata rambut dapat membuat rambut rusak dan kering.

Untuk itu, gunakan produk heat protection sebelum menata rambut agar rambut terlindungi dari panas catokan dan hair dryer. Selain itu, Anda juga bisa mengatur suhu alat penata rambut ke suhu yang rendah atau sedang.

6. Potong rambut secara berkala

Meskipun Anda menyukai rambut panjang, namun memotong ujung rambut penting untuk dilakukan, mengutip Reader's Digest. Ujung rambut biasanya merupakan bagian yang paling muda bercabang. Dengan rutin memotong rambut tentu dapat membuat tampilan rambut lebih sehat.

Shelby Samaria, penata rambut di Suite Caroline Salon di New York menyarankan untuk memotong ujung rambut setiap 10-12 minggu jika Anda jarang menggunakan alat penata rambut. Sedangkan jika Anda sering menata rambut dan memiliki rambut yang diwarnai, potong ujung rambut setiap 6-8 minggu.

7. Sarung bantal berbahan satin atau sutera

Sarung bantal berbahan satin atau sutera memiliki permukaan yang lebih lembut sehingga mampu mengurangi gesekan pada rambut yang menyebabkan rambut rusak dan bercabang.

Melansir Insider, sarung bantal berbahan satin atau sutera juga dapat mengurangi rambut kusut di keesokan paginya. Hal ini bisa sangat membantu bagi Anda yang memiliki rambut ikal, keriting, mudah kusut dan sulit diatur.
8. Cukup tekan-tekan

Menggosok rambut dengan handuk usai keramas merupakan cara keliru karena membuat rambut sulit diatur. Apalagi jika Anda melakukannya dengan terlalu kasar, hal ini dapat membuat rambut menjadi rapuh.

Sebaiknya gunakan handuk mikrofiber, teksturnya yang lebih lembut akan mengurangi risiko kerusakan pada rambut. Caranya cukup tekan rambut yang basah dengan handuk.

Jika Anda menggunakan hair dryer, beri jarak sejauh 15 cm atau lebih dari kulit kepala dan hindari mengeringkan satu area terlalu lama.

[Gambas:Video CNN] (Aul/ayk)


BACA JUGA