Program Diet Seminggu yang Mudah dan Menyenangkan

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 29/10/2019 10:00 WIB
Program Diet Seminggu yang Mudah dan Menyenangkan Ilustrasi. Diet yang sukses tak sekadar mengurangi porsi makanan, namun juga diisi dengan sejumlah aktivitas agar motivasi diet terus bertahan. (Foto: Jakub Kapusnak/FoodiesFeed)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ada beragam cara yang bisa dilakukan untuk memiliki berat badan ideal, mulai dari mengikuti program diet, rutin berolahraga, hingga membuat jadwal diet. Namun, di hari-hari tertentu banyak pelaku diet yang yang kehilangan motivasi hingga akhirnya rencana diet menjadi berantakan.

Untuk menghindari rasa jenuh saat diet, berikut sejumlah cara mudah agar diet terasa lebih menyenangkan, dikutip dari Times of India.

Senin


Motivasi diet tertinggi ada di hari Senin, karena itulah banyak orang yang menunggu hari Senin untuk memulai program diet. Agar terlaksana dengan baik, buatlah menu diet di awal minggu untuk seminggu ke depan, termasuk aktivitas fisik yang akan dilakukan.
Manfaatkan motivasi yang sedang memuncak ini untuk berolahraga. Cobalah bangun 45 menit lebih awal untuk pergi ke gym atau sekedar lari pagi. Lalu awali hari dengan menu sarapan sehat seperti telur, buah, dan yoghurt.

Bila tak memiliki banyak waktu untuk olahraga pagi, melakukannya di malam hari juga tak masalah. Namun, sebuah studi menemukan bahwa olahraga pagi lebih efektif membakar lemak ketimbang olahraga malam.

Selasa

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh San Diego State University menemukan bahwa kata kunci pada mesin pencari Google yang terkait dengan cara menurunkan berat badan lebih banyak digunakan pada hari Senin dan Selasa. Hal ini menunjukkan bahwa motivasi diet tertinggi masih berlangsung hingga Selasa.

Hari Selasa bisa menjadi hari yang tepat untuk menjalani diet ketat karena motivasi yang masih tinggi, jadi konsumsilah jenis makanan yang rendah karbohidrat dan lemak.

Pilih makanan yang kaya protein seperti olahan dada ayam, ikan, salad sayur, dan buah. Hindari konsumsi minuman manis, pastikan hanya air putih yang jadi andalan. Terapkan menu diet ini di hari Senin dan Selasa.

Rabu

Di hari Rabu, motivasi untuk diet biasanya akan mulai menurun. Seraya tetap mengonsumsi makanan seperti di hari Selasa, cobalah untuk melakukan aktivitas yang Anda sukai, berbelanja misalnya. Anda bisa membeli stok buah, sayur, yoghurt, dan makanan sehat lainnya untuk menambah motivasi.

Selain itu, berbelanja di hari Rabu bisa lebih menyenangkan karena hari Rabu adalah hari di mana orang jarang mengunjungi pusat perbelanjaan. Jadi Anda bisa lebih leluasa dan nyaman saat berbelanja.

Kamis

Menurut studi yang dilakukan Johns Hopkins University, pengunjung gym akan menurun drastis di hari Kamis. Hari Kamis bisa jadi hari yang tepat untuk mengunjungi tempat gym karena Anda bisa menggunakan semua alat tanpa mengantre. Sehingga aktivitas fisik menjadi lebih banyak dan bervariasi.

Melansir Today, hari Kamis juga bisa menjadi penentu diet di akhir pekan. Jika Anda berencana untuk pergi dan makan-makan di akhir pekan, sebaiknya kurangi asupan kalori di hari Kamis dan Jumat agar Anda bisa menikmati makanan dengan lebih bebas di hari Sabtu atau Minggu.

Jumat

Di hari Jumat, sejumlah orang akan pergi makan malam dengan teman sebagai perayaan sebelum menyambut hari libur. Untuk itu, sebaiknya Anda mengonsumsi menu sehat saat sarapan dan makan siang, berupa yogurt untuk sarapan serta olahan daging dengan sayur tanpa nasi untuk makan siang.

Hari Jumat juga bisa menjadi hari untuk mengevaluasi jadwal diet yang sudah Anda lakukan selama 5 hari. Jika Anda merasa jadwal diet berjalan dengan sukses, berikan penghargaan untuk diri sendiri dengan cara melakukan hal-hal yang disukai seperti berendam di air hangat atau berbelanja. Hal ini akan memotivasi Anda untuk selalu mengikuti jadwal diet.

Sabtu

Hari Sabtu dapat Anda jadikan sebagai cheat day atau hari di mana Anda 'libur' dari menu sehat dan bisa mengonsumsi makanan kesukaan Anda selama jam-jam tertentu, yaitu mulai pukul 10 pagi hingga 4 sore, atau mulai pukul 4 sore hingga 9 malam. Sisanya Anda tetap perlu makan sehat.

Melansir Healthline, memberlakukan cheat day dapat memotivasi orang untuk lebih mematuhi jadwal dietnya, selama dilakukan dengan cara yang benar dan tidak berlebihan. Meskipun sedang dalam cheat day, Anda harus tetap berhati-hari dengan asupan kalori dan mengontrol porsi makan. Dengan begitu jadwal diet yang sudah Anda jalani selama seminggu tak akan menjadi sia-sia.
Minggu

Sebelum menyambut rutinitas di hari Senin, lakukan aktivitas yang menyenangkan seperti bersepeda atau jalan-jalan sore agar suasana hati tetap terjaga.

Usahakan untuk melakukan aktivitas di luar ruangan dan tetap bergerak, karena menurut studi, aktivitas fisik paling rendah di lakukan di hari Minggu dan ini menyebabkan suasana hati kerap menurun.

[Gambas:Video CNN] (Aul/ayk)


ARTIKEL TERKAIT