Pura-pura Hamil Demi Hindari Biaya Kelebihan Bagasi

CNN Indonesia | Rabu, 30/10/2019 13:38 WIB
Pura-pura hamil menjadi teknik baru dalam daftar panjang cara menghindari biaya kelebihan bagasi yang dilakukan pelancong. Ilustrasi. (Istockphoto/bymuratdeniz)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ada banyak cara untuk mengemas pakaian, mulai dari melipatnya sampai kecil hingga menggunakan plastik vakum.

Tapi tak sedikit juga turis yang melakukan cara ekstrem, seperti mengenakan baju berlapis sampai pura-pura hamil, seperti yang dilakukan oleh wartawan wisata Rebecca Andrews.

Dikutip dari CNN Travel pada Rabu (30/10), Andrews mengatakan ide tersebut muncul setelah dirinya merasa kalau kopernya sudah kelebihan muatan dalam penerbangan domestik di Australia.



Andrews yang terbang menggunakan maskapai berbiaya murah Jetstar enggan membayar biaya kelebihan bagasi.

Ia langsung mendapat ide untuk menyimpan barang di balik bajunya, hingga badannya membuncit seakan sedang hamil.

Pertama, ia mengenakan pakaian terusan yang berbahan lentur. Lalu ia memasukkan kabel laptop dan beberapa barang lain ke dalam bajunya di bagian perut.

Di bagian punggung ia menyimpan laptopnya. Setelah semua dirasa aman, ia lalu mengenakan kaus longgar dan jaket.

[Gambas:Instagram]

Usaha Andrews untuk "menyelundupkan" barangnya yang kelebihan muatan hampir berhasil, namun sayangnya penampakan laptop di punggung membuat seorang petugas bandara curiga.

Akhirnya ia tetap harus membayar biaya kelebihan bagasi seharga US$60 (sekitar Rp842 ribu).

"Apakah saya malu? Saya tidak merasa malu. Saya merasa sebagai wanita hamil yang keren," kata Andrews.

Ini bukan kali pertama Andrews berusaha mengecoh petugas bandara.

Sebelumnya ia mengaku sering melakukan trik legendaris demi menghindari membayar biaya kelebihan muatan bagasi: mengenakan pakaian berlapis.


Namun tidak semua orang berhasil melakukan trik ini. Selain sudah diketahui oleh petugas bandara karena mengundang kecurigaan, seorang pria asal Inggris pernah ditemukan pingsan di dalam pesawat akibat kepanasan karena mengenakan 12 pakaian sekaligus.

Pilihlah dengan seksama barang yang akan dibawa saat berwisata, terutama jika harus ke luar negeri mengenakan maskapai berbiaya murah. 

Jika datang ke destinasi saat musim hujan atau musim dingin, bawalah baju berwarna gelap lebih banyak, sehingga bisa dicuci dan dikeringkan di kamar hotel. 

Tak perlu juga membawa terlalu banyak jaket. Cukup bawa dua jaket dengan potongan yang berbeda - semisal parka atau jaket kulit, sehingga bisa lebih mudah dipadukan dengan kaus atau gaun santai.

Bagaimana dengan pembaca CNNIndonesia.com, apakah punya cara unik untuk menghindari kelebihan muatan di koper?


[Gambas:Video CNN]

(ard/ard)