Doa Mengusir Setan dan Terhindar dari Kejahatan

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 31/10/2019 18:05 WIB
Doa Mengusir Setan dan Terhindar dari Kejahatan Terdapat sejumlah doa yang dapat dipanjatkan agar terhindar dari gangguan setan dan jin, termasuk terhindar dari kejahatan manusia. (Foto: Istockphoto/Sujay_Govindaraj)
Jakarta, CNN Indonesia -- Manusia hidup berdampingan dengan setan dan jin. Dua makhluk ini dapat mengganggu dan merasuki manusia untuk berbuat kejahatan. Dalam Islam terdapat sejumlah doa yang dapat mengusir setan dan jin.

Setan dan jin dipercaya hidup di alam gaib yang tak bisa dilihat oleh manusia pada umumnya. Kendati tak bisa dilihat, setan dan jin berada di sekitar kita dan mengganggu manusia.

Agar terhindar dari gangguan setan dan jin, terdapat sejumlah doa yang dapat dimohonkan untuk mengusir mereka.
Dikutip dari situs Muhammadiyah, mengusir setan dapat dilakukan dengan mengucapkan kalimat A'udzubillah.



أَعُوْذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِِ

A'uudzubillaah himinas syaitoon nirrojiim
Artinya: Aku berlindung kepada Allah dari godaan setan yang terkutuk.

Terdapat pula doa lain yang juga bisa diucapkan agar terhindar dari gangguan setan, jin, dan orang jahat. Doa ini terdapat dalam salah satu kitab Syekh Nawawi, dikutip dari situs Nahdlatul Ulama.

اَللَّهُمَّ إِنَّا نَسْتَحْفِظُكَ وَنَسْتَوْدِعُكَ دِيْنَنَا وَأَنْفُسَنَا وَأَهْلَنَا وَأَوْلَادَنَا وَأَمْوَالَنَا وَكُلَّ شَيْءٍ أَعْطَيْتَنَا، اَللَّهُمَّ اجْعَلْنَا فِي كَنَفِكَ وَأَمَانِكَ وَجِوَارِكَ وَعِيَاذِكَ مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ مَرِيْدٍ وَجَبَّارٍ عَنِيْدٍ وَذِيْ عَيْنٍ وَذِيْ بَغْيٍ وَمِنْ شَرِّ كُلِّ ذِيْ شَرٍّ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ

Allaahumma innaa nastahfidhuka wa nastaudi'uka diinanii wa anfusanaa wa ahlanaa wa aulaadanaa wa amwaalanaa wa kulla syai'in a'thaitanaa. Allahummaaj 'alnaa fii kanfika wa amaanika wa jiwaarika wa 'iyaadzika min kulli syaithaanim mariid wa jabbaarin 'aniid wa dzi 'ainin wa dzi baghyin wa min syarri kulli dzi syarrin innaka 'alaa kulli syai'in qadiir.
Artinya: Ya Allah, kami memohon penjagaan kepada-Mu dan kami menitipkan kepada-Mu agama kami, diri kami, keluarga kami, anak-anak kami, harta kami, dan segala sesuatu yang Engkau berikan kepada kami. Ya Allah, jadikan lah kami dalam penjagaan-Mu, tanggungan-Mu, kedekatan-Mu, dan perlindungan-Mu dari gangguan setan yang menggoda, dari orang yang kejam, dari mata orang yang berniat jahat, dari orang yang bermaksud zalim, dan dari keburukan apa pun yang membawa keburukan. Sesungguhnya Engkau maha kuasa atas segala sesuatu.

Doa mengusir dan agar terhindar dari gangguan setan dan jin ini dapat dibaca sebelum tidur atau dalam berbagai keadaan.

[Gambas:Video CNN] (ptj/ayk)