New York Larang Restoran Hidangkan Foie Gras

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 01/11/2019 17:14 WIB
New York Larang Restoran Hidangkan Foie Gras Ilustrasi. New York melarang restoran menghidangkan sajian foie gras. (Istockphoto/YvanDube)
Jakarta, CNN Indonesia -- Para pencinta kuliner bakal kesulitan mencari foie gras di New York, Amerika Serikat. Betapa tidak, pemerintah setempat baru saja melarang penjualan dan penyajian foie gras di restoran dan supermarket.

Larangan itu disahkan setelah Wali Kota New York, Bill de Blasio menandatangani aturan anyar tersebut. Pelarangan didorong oleh meningkatnya pengawasan terhadap foie gras.

Siapa pun yang mencoba menjual atau menyajikan hidangan foie gras di mana pun akan dikenai denda lebih dari US$2 ribu.

Foie gras merupakan hati angsa yang menjadi hidangan mewah asal Prancis. Foie gras dijumpai di banyak restoran.

Proses penyajian foie gras dianggap tak manusiawi. Sebelum sampai pada tahap penyajian, badan angsa terlebih dahulu dibuat menggemuk atau membesar. Dengan cara itu, hati angsa akan berselimut lemak dan membuatnya semakin nikmat untuk disantap.

Proses penggemukkan dengan memaksa angsa untuk melahap makanan dalam porsi berlebih ini lah yang membuat foie gras banyak mendapatkan protes.

Dalam sebuah pernyataan, Carlina Rivera, anggota dewan yang menginisiasi aturan tersebut, mengatakan bahwa proses penggemukkan angsa termasuk ke dalam praktik kekejaman terhadap hewan.

"Sebagai aktivis kesejahteraan dan perlindungan hewan, saya tentu senang bahwa dewan akhirnya menyetujui aturan tersebut," ujar Rivera, mengutip CNN.

Dengan disahkannya aturan ini, New York mengikuti California yang telah lebih dulu menerapkan aturan serupa.

Mendapat Dukungan

Selayaknya aturan, pro dan kontra tentu hadir menyelimuti. Produsen dan para pendukung foie gras berargumen bahwa proses penggemukkan badan angsa tak sekejam yang diasumsikan banyak orang.

Angsa, menurut mereka, mengonsumsi banyak makanan sebagai bagian dari perjalanan migrasi.

Chef legendaris, mendiang Anthony Bourdain, bahkan menjadi salah satu yang mendukung ketersediaan foie gras.

[Gambas:Video CNN]


(asr/asr)