8 Tips Lolos Seleksi CPNS 2019

CNN Indonesia | Jumat, 01/11/2019 18:21 WIB
8 Tips Lolos Seleksi CPNS 2019 Ilustrasi CPNS. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pendaftaran seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019 akan segera dibuka kembali pada 11 November mendatang.

Sebanyak lebih dari 152 ribu formasi dibuka pada seleksi tahun ini. Hal ini jelas disambut baik oleh mereka yang ingin menjadi aparatur sipil negara (ASN) sebagai profesinya.

Menjelang pendaftaran CPNS, ada banyak hal yang perlu dipersiapkan oleh peserta. Mulai dari menyiapkan berkas, menentukan formasi yang akan dipilih, mempelajari soal seleksi CPNS, hingga mempersiapkan mental.

Bagi Anda yang berniat mencoba tes CPNS tahun ini, berikut adalah tips yang perlu Anda ketahui agar sukses lolos tes CPNS, mengutip Antara.

1. Siapkan berkas dari jauh hari
Ada lima berkas yang harus Anda persiapkan sebelum mendaftar CPNS, yaitu KTP, foto diri bebas dan formal, ijazah, dan transkrip nilai. Persiapkan berkas serta dokumen tersebut dengan teliti dari jauh hari dan pastikan berkas yang Anda butuhkan sudah lengkap.

Sebelum mendaftar, Anda juga harus terlebih dahulu memastikan Nomor Induk Kependudukan (NIK) telah terdaftar di Dukcapil.

2. Tentukan formasi yang akan dipilih
Sebelum menentukan formasi, Anda harus mempertimbangkan dengan matang apakah Anda ingin bersaing di tingkat kementriaan, tingkat provinsi, atau tingkat kabupaten dan kota.

Perlu diperhatikan bahwa pelamar tingkat kementerian cenderung lebih tangguh dibandingkan dengan tingkat yang lebih rendah. Anda juga harus mempersiapkan diri dengan lebih gigih. Untuk memperbesar peluang lolos seleksi, pertimbangkan untuk memilih formasi di tingkat pemerintah daerah.

3. Pelajari soal seleksi CPNS
Ada tiga bidang tes yang akan diujikan dalam seleksi CPNS yaitu Tes Intelegensi Umum (TIU), Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Sebelum mengikuti ujian, Anda harus mempersiapkan diri dengan banyak mengerjakan latihan soal.

Tes Intelegensi Umum (TIU) akan menguji kemampuan verbal, lisan, dan numerik dari para peserta. Herianto, dosen muda Politeknik Negeri Pontianak yang lolos CPNS 2018 menyebut bahwa untuk mengerjakan soal TIU, peserta harus sering melakukan latihan karena soal tes menggunakan banyak metode dan pola soal yang hampir mirip.

Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) merupakan tes yang berisi tentang nilai-nilai kebangsaan Republik Indonesia dan Pancasila. Menurut Herianto, agar lancar mengerjakan TWK, Anda harus menguasai makna Pancasila dan Undang-Undang serta penerapannya di kehidupan sehari-hari.

Sedangkan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) adalah tes yang menguji kepribadian dan integritas diri Anda. Untuk bidang tes ini, Herianto mengatakan peserta harus mengubah pola pikir dan memposisikan dirinya selaku ASN yang berintegritas, profesional, dan mengutamakan kepentingan publik. Anda juga harus menjawab soal dengan jujur, karena hasil TKP akan mencerminkan kepribadian Anda.

4. Percaya diri
Anda sudah mempersiapkan semua dengan baik, mulai dari memastikan kelengkapan berkas, menentukan pilihan formasi, hingga menguasai ketiga bidang tes CPNS. Maka selanjutnya Anda harus menumbuhkan rasa percaya pada kemampuan sendiri.

Percayalah bahwa Anda pasti bisa mengerjakan soal dengan lancar. Rasa optimistis dapat memberi sugesti yang positif ke alam bawah sadar, sehingga Anda akan merasa lebih siap secara mental.

5. Atur waktu dengan baik
Menurut Herianto, soal tes bukan hanya harus dijawab dengan tepat namun juga cepat, karena ada waktu pengerjaan soal. Untuk itu, selain mempelajari dan memahami soal seleksi CPNS, Anda juga harus latihan untuk mengatur waktu ujian dengan baik.

Saat ujian berlangsung, jawablah pertanyaan yang menurut Anda mudah terlebih dahulu. Jangan sampai Anda terlalu sibuk memecahkan satu soal hingga lupa bahwa masih banyak soal lain yang harus diselesaikan.

6. Survey lokasi
Sebelum melakukan tes, jangan lupa untuk survey lokasi terlebih dahulu. Anda harus memastikan bahwa Anda mengetahui lokasi ujian. Tentukan rute yang akan Anda lalui dan buat estimasi waktu perjalanan dari tempat tinggal ke lokasi ujian. Hal ini dilakukan guna memperkecil risiko datang terlambat di hari ujian.

7. Datang lebih awal
Datang terlambat dapat mengacaukan pikiran Anda. Akhirnya, Anda akan panik dan kehilangan fokus saat mengerjakan soal. Selain itu datang terlambat juga akan mengurangi waktu yang Anda punya untuk mengerjakan soal.

Usahakan untuk datang satu jam lebih awal. Sambil menunggu waktu, Anda bisa mempelajari soal tes dan mempersiapkan mental agar lancar saat mengerjakan soal.

8. Kerjakan dengan tenang
Merasa gugup saat mengerjakan ujian memang hal yang wajar, terlebih kesempatan untuk mengikuti seleksi CPNS hanya datang satu tahun sekali.

Namun, jangan biarkan rasa gugup menghambat Anda ketika mengerjakan soal. Ketika terlalu gugup, Anda bisa kehilangan fokus hingga melupakan semua yang telah Anda pelajari.

[Gambas:Video CNN]


(aul/asr)