5 Cara Mencegah Serangan Flu

Tim, CNN Indonesia | Senin, 04/11/2019 16:26 WIB
5 Cara Mencegah Serangan Flu Ilustrasi. Hidup sehat dan menjaga sistem kekebalan tubuh menjadi beberapa cara untuk mencegah flu. (Istockphoto/Tharakorn)
Jakarta, CNN Indonesia -- Memasuki musim penghujan, flu menjadi salah satu penyakit yang tak terhindarkan. Hidup sehat dan menjaga sistem kekebalan tubuh menjadi beberapa cara untuk mencegah flu.

Flu merupakan penyakit pernapasan yang ditularkan oleh virus influenza. Gejala flu umumnya datang dengan cepat, intens, dan dapat berujung pada masalah sistem pernapasan seperti pneumonia.

Tak ada strategi mudah untuk menghindari flu sepenuhnya. Namun, beberapa langkah dapat dilakukan untuk meminimalisasi paparan, menjaga kekebalan tubuh, dan menekan risiko infeksi.

Berikut mengutip Medical News Today. 

1. Vaksin flu
Pemberian vaksin flu dapat memicu antibodi untuk bekerja dengan maksimal. Antibodi memberikan perlindungan terhadap beragam infeksi, termasuk flu.

Semua orang yang berusia di atas 6 bulan dianjurkan untuk mendapatkan vaksin flu tahunan. Orang yang memiliki alergi terhadap zat-zat kimia tertentu wajib mendiskusikannya terlebih dahulu dengan dokter.

Vaksin diketahui dapat menekan risiko flu sebesar 40-60 persen.

2. Hidup bersih dan sehat
Flu adalah penyakit yang dapat menular dengan mudah melalui tetesan air liur saat batuk, bersin, atau berbicara. Flu juga dapat menular hanya dengan kontak dengan permukaan yang terkontaminasi.

Dengan kondisi sedemikian rupa, menjaga kebersihan menjadi salah satu cara untuk mencegah flu.

Anda bisa menghindari kontak dengan mereka yang tertular. Jika Anda mengalami gejala flu, beristirahat lah dari aktivitas harian setidaknya 24 jam setelah demam menghilang.

Gunakan tisu untuk menutup hidung dan mulut saat batuk serta bersin. Buang tisu sesegera mungkin setelah digunakan.

Cuci tangan secara teratur dengan sabun antiseptik berbasis alkohol. Jangan biarkan tangan menyentuh mata, hidung, atau mulut tanpa mencucinya terlebih dahulu.

Penelitian yang dilakukan oleh Michigan University menemukan, kebersihan tangan dan penggunaan masker kesehatan dapat mengurangi penyebaran gejala flu hingga 75 persen.

Menjaga kebersihan menjadi salah satu cara untuk mencegah flu. (Istockphoto/puhhha)

3. Konsumsi obat antivirus flu
Obat antivirus flu dapat mencegah Anda terkena flu. Obat bekerja dengan memerangi virus flu dan mencegahnya berkembang biak di dalam tubuh.

Dokter umumnya akan meresepkan obat antivirus pada pasien berisiko tinggi mengalami komplikasi. Sementara pada pasien yang tak berisiko komplikasi, umumnya gejala flu akan membaik hanya dengan beristirahat, menjaga asupan cairan, dan mengonsumsi obat generik yang tersedia di pasaran.

4. Menjaga sistem kekebalan tubuh
Sistem kekebalan tubuh yang terjaga dapat melindungi Anda dari serangan flu.

Menjaga kekebalan tubuh bisa didapat dengan menerapkan strategi hidup sehat seperti rajin mengonsumsi buah dan sayur.

Selain itu, Anda juga disarankan untuk rajin berolahraga dan tidur selama 7-9 jam setiap malam.

5. Berhenti merokok
Berhenti merokok bisa menjadi langkah untuk menghindari flu. Tidak merokok dapat meningkatkan kemampuan tubuh melawan virus flu.

Penelitian di Yale School of Medicine menemukan, paparan asap rokok dari dua batang per hari selama dua pekan memicu reaksi berlebih dalam sistem kekebalan tubuh. Reaksi berlebih ini akan berujung pada ketidakmampuan tubuh melawan virus flu.

Melakukan lima cara di atas dapat mencegah flu menyerang tubuh Anda.

[Gambas:Video CNN]


(asr/asr)