Sepeda Jadi Moda Transportasi yang Paling Bikin Bahagia

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 07/11/2019 05:40 WIB
Sepeda Jadi Moda Transportasi yang Paling Bikin Bahagia Ilustrasi. Sepeda jadi moda transportasi yang paling membuat orang bahagia. (Vincenzo di Leo via Snapwire (CC0 1.0)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pilihan moda transportasi saat bepergian dapat memengaruhi mood seseorang. Sepeda menjadi moda transportasi yang paling membuat orang bahagia.

Hal itu ditemukan dalam sebuah studi yang menyelidiki kaitan antara beragam perasaan seperti bahagia, stres, sedih, dan lelah dengan pilihan moda transportasi. Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Transportation ini menemukan, pengendara sepeda menjadi kelompok yang paling bahagia.

Peneliti menggunakan data dari American Time Use Survey. Para peneliti mencari suasana hati rata-rata yang dirasakan oleh masing-masing orang yang diteliti saat menaiki atau mengendarai berbagai jenis moda transportasi.

"Kami menemukan, suasana hati terbaik muncul saat orang-orang bersepeda," ujar penulis utama studi, Eric Morris, dari Clemson University, mengutip Science Daily. 

Morris mengatakan bahwa pengguna sepeda umumnya sangat antusias untuk bersepeda. Antusias yang sama tidak dirasakan oleh pengguna moda transportasi lainnya.

"Pengendara sepeda juga umumnya lebih muda dan sehat secara fisik. Orang-orang seperti ini umumnya lebih bahagia," kata Morris.

Setelah sepeda, mobil pribadi menjadi moda transportasi kedua yang bikin orang bahagia. Sementara bus dan kereta umumnya menimbulkan emosi negatif.

"Ini [emosi negatif pada bus dan kereta] mungkin muncul karena keduanya merupakan transportasi massal," ujar Morris.

Temuan ini menunjukkan bahwa bersepeda tak hanya bermanfaat untuk kesehatan secara fisik, tapi juga meningkatkan pengalaman emosional pengendara.

Hipotesa yang sama juga ditemukan dalam penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di Auckland University.

Mengutip Stuff, hasil penelitian berargumen, kondisi bahagia muncul akibat para pengguna sepeda tak perlu berjibaku dengan kemacetan layaknya moda transportasi lainnya seperti mobil.

Bersepeda memang telah lama diklaim dapat meningkatkan mood penggunanya secara efektif. Lebih dari itu, bersepeda juga memungkinkan seseorang menangani stres dengan lebih efektif.

Mengutip Lifehack, saat bersepeda, kadar serotonin dan dopamin pada otak akan meningkat. Keduanya merupakan bahan kimia yang bertanggung jawab 'memproduksi' perasaan bahagia.

Tak hanya itu, para ilmuwan juga menemukan bahwa tubuh memproduksi endorfin saat bersepeda. Endorfin merupakan zat kimia dalam tubuh yang memicu rasa tenang dan bahagia.

[Gambas:Video CNN]


(asr/asr)