Tips Jomblo Cari Pacar lewat Aplikasi Kencan Online

Tim, CNN Indonesia | Senin, 11/11/2019 11:54 WIB
Tips Jomblo Cari Pacar lewat Aplikasi Kencan Online Ilustrasi. Agar kesepian tak lagi menghampiri, tak ada salahnya para jomblo mencari pasangan lewat aplikasi kencan online. (Istockphoto/Cesar Okada)
Jakarta, CNN Indonesia -- Agar kesepian tak lagi datang mendera, tak ada salahnya para jomblo untuk membuka hati mencari pasangan lewat aplikasi kencan online.

Di tengah kesibukan dan keterbatasan waktu, dunia digital memberikan solusi untuk mencari jodoh melalui aplikasi kencan daring. Mencari pacar semudah swipe kiri dan kanan.

Bertepatan dengan Single's Day atau Hari Jomblo Sedunia, berikut tips cara mencari pacar lewat kencan daring bagi para jomblo.


1. Beranikan diri

Beranikan diri untuk membuka hati bagi orang baru melalui aplikasi kencan daring. Buang anggapan mencoba aplikasi kencan berarti tak laku-laku. Mencoba aplikasi kencan berarti membuka peluang lebih besar untuk mendapatkan kekasih.

Buat lah akun di aplikasi kencan yang terpercaya. Baca mengenai panduan keamanan dan pahami juga risiko yang akan didapat saat berkencan.

2. Buat profil yang menarik
Buat lah profil diri yang menarik di aplikasi kencan. Awali dengan memajang foto terbaik. Pastikan tampilan foto memiliki gambar yang jelas dan memberikan kesan pertama yang menarik.

Studi menunjukkan, foto merupakan hal paling pertama yang dilihat di aplikasi kencan. Setelah memajang foto, lengkapi profil diri dengan informasi yang dirasa perlu. Misalnya, hobi, pekerjaan, agama, dan usia.


3. Seleksi awal

Mulai lah mencari pacar dengan melakukan seleksi pertama di aplikasi kencan. Pilih orang-orang yang dirasa cocok dengan mencermati profil diri yang ditampilkan.

Lakukan verifikasi profil tersebut dengan mengecek informasi yang diberikan, misalnya melalui sosial media atau bertanya pada orang yang mungkin dikenal.

4. Mulai bicara
Jangan ragu untuk memulai pembicaraan. Anggap saja seperti memulai pembicaraan dengan teman baru.

Sapa orang tersebut dan mulai lah pembicaraan dengan hal-hal ringan seperti bertanya mengenai hal-hal yang terdapat di dalam profil. Buat lah pembicaraan secair mungkin agar nyaman satu sama lain.

Selalu cek informasi yang diberikan melalui sumber lain. Jangan terburu-buru untuk pindah media ke aplikasi pesan instan lainnya.

5. Kopi darat
Jika sudah dirasa cocok berbicara secara daring, segera jajaki pertemuan secara langsung. Atur pertemuan di tempat umum dan selalu pastikan keamanan saat bertemu.

"Saya sarankan kalau sudah nyaman, enggak usah lama-lama chat, langsung ajak bertemu untuk melihat keseriusan. Kalau tidak cocok bisa langsung move on ke orang lain," ujar dating coach Andrea Gunawan kepada CNNIndonesia.com.

Lakukan kopi darat dengan mengobrol atau berkegiatan yang santai seperti nonton film. Perbanyak komunikasi saat bertemu untuk mengetahui kecocokan satu sama lain.


6. Komitmen

Setelah bertemu secara langsung, pikirkan dengan matang apakah hubungan akan dilanjutkan atau tidak.

Jika dirasa cocok, hubungan bisa dilanjutkan ke tahap yang lebih serius. Jika belum menemukan kecocokan, ajak komunikasi kembali dan jalani kencan yang kedua dan seterusnya. Kecocokan dan rasa cinta bisa tumbuh seiring berjalannya waktu.

Jika sudah siap, nyatakan cinta, keseriusan, dan komitmen untuk menjalin hubungan.

Ada banyak kisah cinta para jomblo yang berawal aplikasi kencan online, lalu berlanjut pacaran, dan menuju pelaminan.

Tulisan ini merupakan bagian dari fokus 'Jodoh Tinggal Swipe'.

[Gambas:Video CNN]


(ptj/asr)