Mengusung 'Waktu', Met Gala 2020 Telusuri Sejarah Mode

CNN Indonesia | Jumat, 08/11/2019 11:43 WIB
Mengusung 'Waktu', Met Gala 2020 Telusuri Sejarah Mode Ilustrasi. Met Gala 2020 bakal usung tema yang berbicara tentang waktu. (Angela Weiss / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Setelah mengangkat tema 'camp' pada tahun ini, Met Gala 2020 bakal hadir dengan mengusung tema yang berbicara tentang waktu. Pada tahun ini, gelaran akan dilangsungkan pada 4 Mei 2020 mendatang.

Tema 'About Time: Fashion and Duration' akan menandai peringatan 150 tahun Metropolitan Museum of Art (Met). Dengan fokus pada waktu, gelaran ini bakal menelusuri sejarah mode sejak tahun 1870 hingga sekarang.

Meminjam konsep filsuf Henri Bergson, 'la duree' atau 'durasi', gelaran bakal mengeksplorasi hubungan antara mode dan waktu. Eksplorasi dilakukan melalui narasi-narasi yang pernah tercipta dari mendiang sastrawan Virginia Woolf.

"Gelaran bakal mempertimbangkan sifat fana mode dengan menggunakan konsep kilas balik," ujar Direktur Met, Max Hollein, mengutip CNN.

Tak hanya mencerminkan semangat zaman, gelaran juga bakal memperlihatkan sesuatu yang berubah dan berkembang seiring waktu berjalan.

"Kami akan menggunakan konsep durasi untuk mengulik sejarah mode," ujar Kurator Met, Andrew Bolton.

Met Gala merupakan ajang penggalangan dana untuk Metropolitan Museum of Art yang digelar setiap tahun pada malam Senin pertama di bulan Mei. Museum bakal menampilkan sekitar 160 karya.

Gelaran Met Gala dianggap sebagai salah satu momen terpenting dalam kalender mode dunia. Gelaran ini mengundang sederet pesohor untuk memamerkan busana terbaiknya karya para desainer dunia.

[Gambas:Video CNN]


(asr/asr)