FOTO : Merayakan Persatuan Dalam Momen Maulid Nabi Muhammad

Antara Foto, CNN Indonesia | Sabtu, 09/11/2019 13:59 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Sejumlah masyarakat di Indonesia merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW sekaligus demi persatuan dan kesatuan.

Peserta menabuh rebana dan membaca shalawat saat mengikuti pawai Maulid Nabi di Kampung Nelayan Nambangan-Cumpat, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (8/11). Pawai tersebut dalam rangka memperingati hari lahirnya Nabi Muhammad SAW. (ANTARA FOTO/Moch Asim)
Sejumlah pohon hias dibawa berkeliling kampung saat pawai perayaan Maulid di Desa Kabobona, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Jumat (8/11). Pawai rutin dilaksanakan setiap tahunnya untuk menyemarakkan hari lahirnya Nabi Muhammad SAW. Usai dibawa berkeliling, pohon tersebut selanjutnya dibagikan kepada warga. (ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah)
Sejumlah santri Tarbiyah Islamiyah menumpangi mobil bak terbuka saat mengikuti pawai menyambut Maulid Nabi 12 Rabiul Awal 1441 H di Lhokseumawe, Aceh, Jumat (8/11). Pawai itu sebagai lambang semangat persatuan dan kesatuan sekaligus mengenang perjuangan Nabi Muhammad SAW. (ANTARA FOTO/Rahmad)
Peserta membawa gunungan makanan dan hasil bumi pada pelaksanaan Kirab Maulid 1441 H di Kampung Berkelir Tangerang, Banten, Jumat (8/11). Acara yang dihadiri ribuan umat muslim se-Tangerang ini diadakan dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)
Sejumlah peserta membawa replika burung Garuda saat pawai Rolasan di Tegal, Jawa Tengah, Jumat (8/11). Pawai sambut Maulid Nabi Muhammad SAW yang diikuti ratusan peserta tersebut diisi dengan berbagai macam seni pertunjukan. (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)
Niyaga atau penabuh gamelan memainkan perangkat gamelan Kanjeng Kyai Nagawilaga di Masjid Gede Kauman, DI Yogyakarta, Senin (4/11). Dua perangkat gamelan sekaten Kyai Nagawilaga dan Kanjeng Kyai Guntur Madu ditabuh selama tujuh hari secara bergantian menandai peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah)
Jamaah membaca sholawat nabi saat tradisi berebut koin di masjid Jami Jamsaren, Kota Kediri, Jawa Timur, Jumat (8/11) malam. Tradisi pembacaan sholawat nabi yang disertai dengan melempar dan berebut uang logam tersebut guna memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. (ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani)
Warga membaca zikir saat kenduri dengan sajian aneka makanan pada perayaan Maulid di Palu, Sulawesi Tengah, Kamis (7/11). Tradisi yang telah berakulutrasi dengan budaya setempat itu sudah dilakukan secara turun temurun dengan menyediakan aneka makanan yang dihias dengan telur dan dibagikan kepada warga. (ANTARA FOTO/Basri Marzuki)