Durasi Olahraga Paling Ideal untuk Turunkan Berat Badan

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 12/11/2019 06:27 WIB
Durasi Olahraga Paling Ideal untuk Turunkan Berat Badan Ilustrasi. Bila Anda ingin menurunkan berat badan, berolahraga terlalu lama justru tak akan memberikan hasil maksimal. (janeb13/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Banyak tak selalu lebih baik, terutama bila menyangkut waktu yang dihabiskan untuk berolahraga. Inilah yang terjadi bila tujuan olahraga Anda adalah untuk menurunkan berat badan.

Studi menyebut, olahraga selama 30 menit setiap hari justru lebih efektif menurunkan berat badan ketimbang olahraga yang dilakukan selama 1 jam atau lebih.

Melansir Times of India, sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh Scandinavian Journal of Public Health mengamati 60 pria di Denmark dengan berat badan berlebih selama 13 minggu. Setengah dari jumlah peserta diminta berolahraga selama 1 jam, sementara lainnya berolahraga selama 30 menit sehari.



Hasilnya, olahraga 30 menit terbukti lebih banyak membakar lemak.

"Orang yang berolahraga 30 menit sehari rata-rata turun 3,6 kilogram dalam 3 bulan, sedangkan orang yang berolahraga 1 jam hanya turun 2,7 kilogram," jelas Mads Rosenkilde, mahasiswa doktoral yang terlibat dalam penelitian tersebut.

Olahraga rutin selama 30 menit dianggap lebih mudah dan memungkinkan untuk dilakukan di tengah padatnya aktivitas dibandingkan dengan olahraga selama satu jam. Dengan begitu, Anda akan lebih konsisten untuk melakukan olahraga rutin.

Menurut Rosenkilde, olahraga intensif selama 30 menit juga tidak akan membuat Anda kehabisan energi. Peserta yang melakukan olahraga 30 menit sehari mengaku masih memiliki energi yang cukup untuk melakukan aktivitas lain seperti menaiki tangga atau bersepeda setelah berolahraga.

Hal ini juga membuat mereka makan lebih sedikit dibandingkan dengan peserta yang berolahraga selam satu jam sehari. Dengan begitu, mereka akan cenderung lebih mudah mengalami penurunan berat badan.

Sementara itu, seorang personal trainer Jonathan Ross mengatakan bahwa tubuh lebih responsif terhadap seberapa rutin dan intensif olahraga yang dilakukan dibandingkan dengan durasi dalam berolahraga.

"Orang tidak membutuhkan lebih banyak waktu, mereka hanya butuh lebih banyak intensitas. Tubuh lebih merespons kepada intensitas daripada durasi olahraga," ungkap Ross, dikutip dari WebMD.

Latihan yang lebih intens akan membakar lebih banyak kalori per menit dan akan menghasilkan reaksi yang jauh lebih besar ke tubuh pasca latihan, kata Ross.


Dengan mendorong intensitas olahraga, Anda akan membuat tubuh 'trauma' sehingga sistem metabolisme akan mengirim pesan untuk membuat tubuh Anda menjadi lebih kuat.

Menurut Ross, agar olahraga 30 menit memberi manfaat yang maksimal, perpaduan antara latihan kekuatan dan latihan kardiovaskular menjadi hal yang penting untuk dilakukan.

"Dalam 30 menit, lakukan 20 menit latihan kekuatan dan 10 menit latihan kardio," kata dia.

[Gambas:Video CNN]

(Aul/ayk)