Hari Ayah Nasional

'Surat untuk Ibu' Jadi Awal Peringatan Hari Ayah Nasional

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 12/11/2019 11:50 WIB
'Surat untuk Ibu' Jadi Awal Peringatan Hari Ayah Nasional Ilustrasi. Hari Ayah Nasional diperingati setiap 12 November saban tahun. (PublicDomainPictures/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sosok ibu selalu jadi sorotan di akhir tahun. Tanggal 22 Desember didedikasikan untuk sosoknya. Tak hanya ibu, di Indonesia semua perempuan mendapat 'lampu sorot' lagi ketika peringatan Hari Kartini. Namun, bagaimana dengan sosok ayah?

Pertanyaan ini sempat mengemuka pada 2014 silam. Saat Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP), sebuah paguyuban satu hati lintas agama dan budaya, mengadakan 'Sayembara Menulis Surat untuk Ibu' di Solo, Jawa Tengah.

Melansir dari laman resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), respons peserta cukup baik. Peserta datang dari kalangan anak-anak mulai dari SD hingga SMA, juga kalangan mahasiswa dan umum. Sekitar 70 surat terbaik kemudian dikumpulkan dan menjadi sebuah buku.



Ada pertanyaan yang cukup menggelitik, sebab selama ini 'hanya' sosok ibu yang mendapat 'jatah' hari peringatan, namun tidak begitu dengan ayah.

"Kapan diadakan Sayembara Menulis Surat untuk Ayah? Kapan Peringatan Hari Ayah? Kami pasti ikut lagi,"tanya para peserta kala itu mengutip dari lama Kemdikbud (12/11).

Sejak itu, PPIP mencari tahu tentang kapan peringatan Hari Ayah. Bahkan paguyuban juga melakukan audiensi dengan DPRD kota Surakarta. Namun, keinginan untuk menetapkan Hari Ayah belum mendapat jawaban memuaskan saat itu.

Setelah kembali melakukan kajian panjang, PPIP akhirnya menggelar deklarasi Hari Ayah untuk Indonesia. Tanggal 12 November pun ditetapkan sebagai Hari Ayah Nasional.

Deklarasi yang dilakukan bersamaan dengan Hari Kesehatan Nasional ini membawa semboyan 'Semoga Bapak Bijak, Ayah Sehat, Papah Jaya'.

Di waktu bersamaan, deklarasi Hari Ayah juga diinisiasi di Maumere, Flores, NTT. Sebuah buku berjudul 'Kenangan untuk Ayah' diluncurkan. Buku itu berisi 100 surat anak Nusantara yang dipilih dari 'Sayembara Menulis Surat untuk Ayah'.


Usai deklarasi, buku dan piagam deklarasi dikirim ke Presiden Susilo Bambang Yudhoyono serta empat bupati di empat penjuru Indonesia yakni, Sabang, Merauke, Sangir Talaud dan Pulau Rote.

[Gambas:Video CNN]

(els/ayk)