9 Cara Sederhana Ungkapkan Kasih Sayang untuk Ayah

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 12/11/2019 21:17 WIB
9 Cara Sederhana Ungkapkan Kasih Sayang untuk Ayah Ilustrasi. Kasih sayang untuk ayah tak mesti diungkap dengan kata-kata. (Foto: Pixabay/chao-ye)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ayah merupakan sosok pahlawan yang nyata. Tak heran jika banyak anak yang mengidolakan sosok ayah dan menjadikannya sebagai idola.

Meski begitu, sosok ayah yang tegas dan kaku sering kali membuat kebanyakan anak merasa canggung untuk mengungkapkan kasih sayang atau kekagumannya. 
lewat kata-kata.

Melansir We Have Kids, berikut adalah 9 hal sederhana yang bisa Anda lakukan untuk ayah di Hari Ayah Nasional sebagai ungkapan kasih sayang.



1. Libatkan dalam pencapaian

Mungkin Anda merasa memiliki pencapaian yang lebih besar dibandingkan dengan ayah. Namun, perlu Anda ingat bahwa apa yang dicapai saat ini tak terlepas dari upayanya untuk merawat Anda. Sehingga libatkan dia dalam tiap pencapaian dengan cara mengucapkan terima kasih.

2. Berbagi berita bahagia

Ketika Anda memiliki berita membahagiakan, bagikanlah kebahagiaan tersebut dengan ayah. Dengan selalu membagi berita kebahagiaan, Anda akan membuat ia merasa dihargai dan turut membawa kebahagiaan baginya.

3. Antusias dengan ceritanya

Seiring dengan bertambahnya usia, orang akan menjadi lebih pelupa sehingga sering menceritakan kejadian yang sama berulang kali. Jika ayah kembali menceritakan pengalamannya dengan antusias, dengarkanlah cerita tersebut dengan antusias yang sama walau untuk kesekian kalinya.

4. Habiskan waktu bersama

Melansir Sunlife, ajaklah ayah jalan-jalan atau piknik saat akhir pekan tiba, seperti yang selalu ia lakukan ketika Anda kecil. Hal-hal sederhana ini dapat membuat ayah merasa diperhatikan.

5. Berikan perhatian penuh

Ketika Anda menghabiskan waktu dengan ayah, hindari ponsel dan urusan pekerjaan untuk sementara waktu. Tunjukkanlah bahwa Anda benar-benar menikmati kehadirannya. Dengarkan ketika ia berbicara, hindari menyanggah atau mengganti topik pembicaraannya.

6. Hargai teman-temannya

Dibalik sosok ayah yang tegas, ia juga pernah memiliki masa yang menyenangkan dengan teman-temannya. Tunjukkan ketertarikan Anda dengan teman-temannya itu dengan cara tidak berkomentar buruk. Jika ayah pernah mengungkapkan betapa ia merindukan teman-temannya, Anda mungkin bisa membantunya mengatur reuni.

7. Nada bicara rendah

Bicaralah dengan nada yang rendah dan penuh hormat bisa membuat wibawa seorang ayah tetap terjaga. Bagaimanapun ia tetap laki-laki yang memiliki ego dan gengsi besar.

8. Penuhi keinginannya

Ayah telah melakukan banyak hal untuk Anda selama bertahun-tahun, sudah saatnya bagi Anda untuk membalas apa yang telah ia lakukan dengan berusaha memenuhi keinginannya. Hal ini akan membuat ayah merasa disayangi.


9. Beri hadiah

Berapapun usia, sebuah hadiah dapat menciptakan rasa bahagia di hati banyak orang, termasuk ayah. Hadiah tak harus barang mewah, hadiah bisa berupa tindakan sederhana seperti memasak makanan favoritnya, membuatkan atau membelikan kopi. (Aul/ayk)