Tips Membuat Konten Medsos Inspiratif ala Nadya Hutagalung

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 13/11/2019 09:04 WIB
Tips Membuat Konten Medsos Inspiratif ala Nadya Hutagalung Nadya Hutagalung dalam konferensi pers Social Media Week di Senayan City, Jakarta, Selasa (12/11). (Foto: CNN Indonesia/Puput Tripeni Juniman)
Jakarta, CNN Indonesia -- Media sosial bukan hanya sekadar tempat berbagi informasi. Lebih dari itu, media sosial bisa memberikan pengaruh dan inspirasi bagi orang lain.

Itulah yang coba dimanfaatkan artis Nadya Hutagalung dalam menggunakan media sosial sebagai seorang influencer atau pemberi pengaruh.

Di sosial media, Nadya yang kini menjadi duta Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) bagian lingkungan, aktif mengajak pengikutnya untuk peduli pada lingkungan. Nadya banyak membuat konten inspiratif terkait dengan lingkungan.



Menurut Nadya, media sosial merupakan metode yang efektif untuk menyebarkan pesan kepada banyak orang.

Nadya mengaku mengelola media sosialnya seorang diri, tanpa bantuan orang lain atau pun konsultan. Artis berdarah Australia ini rutin membuka media sosial, terutama Instagram, setiap hari di kala senggang.

"Semua orang bisa jadi influencer, mau follower-nya hanya lima atau sepuluh. Walaupun sedikit, tapi jika media sosial digunakan dengan benar, dapat memberikan inspirasi bagi orang lain," kata Nadya dalam konferensi pers Social Media Week di Senayan City, Jakarta, Selasa (12/11).

Berikut sejumlah tips memanfaatkan media sosial secara positif ala Nadya Hutagalung.

1. Jujur

Nadya menyarankan setiap orang yang menggunakan media sosial untuk selalu jujur dan tidak berpura-pura. Misalnya, berpura-pura terlihat bahagia.

"Jangan berusaha memperlihatkan kebahagiaan palsu, bahwa hidup kita terlihat bahagia. Lebih baik stay true dan jujur di media sosial," ucap Nadya yang kini menetap di Singapura.

Menurut Nadya, semakin banyak berbohong atau berpura-pura, artinya semakin tidak bahagia orang tersebut.

2. Seimbang

Konten di media sosial juga harus seimbang. Nadya menyebut konten yang menginspirasi dapat diimbangi dengan sejumlah konten yang lucu dan menyenangkan.

Konten-konten ini berguna untuk membuat follower tidak bosan dan jenuh.

3. Abaikan komentar negatif

Menyebarkan konten inspiratif kerap kali mendapat komentar negatif dari netizen. Menurut Nadya, komentar ini tak perlu dipikirkan karena hanya akan menghabiskan energi.

"Kita perlu paham bawah orang yang memberikan komentar negatif sebenarnya sedang sakit di dalam jiwa mereka. Sebaiknya kita harus bersimpati dengan mereka," ujar Nadya yang pernah menjadi host dan juri Asia's Next Top Model ini.

4. Izin

Saat mengunggah sesuatu, Nadya menyarankan untuk selalu mendapatkan izin atau persetujuan untuk mengunggahnya ke media sosial. Misalnya mengunggah foto orang lain, termasuk foto anak.

"Dari dulu saya tidak pernah posting foto anak karena mereka belum bisa menentukan apakah mau untuk diunggah atau tidak. Itu seharusnya menjadi pilihan mereka. Jika mengunggahnya tanpa meminta persetujuan, itu tidak adil" ucap Nadya.


5. Etika

Etika dalam bermedia sosial juga harus diperhatikan lantaran media sosial merupakan ranah publik. Etika berguna untuk menghormati dan menghargai irnag lain yang juga menggunakan media sosial.

Menurut Nadya, etika bermedia sosial dapat ditunjukkan dengan tidak mengunggah konten dewasa dan tidak memaksa.

[Gambas:Video CNN] (ptj/ayk)