Musim Hujan, Kenali Ragam Cara Cegah DBD

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 13/11/2019 12:18 WIB
Musim Hujan, Kenali Ragam Cara Cegah DBD Ilustrasi. Banyak cara untuk mencegah demam berdarah dengue (DBD). (ANTARA FOTO/Moch Asim)
Jakarta, CNN Indonesia -- Memasuki musim hujan, penyakit demam berdarah dengue (DBD) mulai mengintai. Banyak cara untuk mencegah DBD mulai dari menjaga kebersihan hingga mengenakan pakai tertutup untuk menghindari gigitan.

"Jaga kebersihan lingkungan, terutama pembuangan sampah harap diperhatikan supaya tidak menumpuk dan menyebabkan banjir hingga menjadi sumber penyakit seperti DBD," ujar ahli penyakit dalam, dr Andreas di Purwokerto, Jawa Tengah, Rabu (13/11), mengutip Antara.

Kondisi lingkungan yang bersih dan nyaman menjadi salah satu aspek yang mendukung pembentukan daya tahan tubuh yang kuat. Upaya menjaga kebersihan lingkungan tak hanya berdampak positif untuk mencegah DBD, tapi juga melindungi tubuh dari beragam risiko penyakit lainnya.

DBD umumnya diawali oleh gejala munculnya demam secara mendadak yang disertai rasa nyeri, pegal, sakit kepala, dan juga mual.

Jika demam menetap hingga dua atau tiga hari, pasien disarankan untuk segera memeriksakan diri. Pemeriksaan dini harus segera dilakukan agar dapat ditangani dengan cepat.

Selain menjaga kebersihan lingkungan yang tepat, beberapa cara lain juga bisa dilakukan untuk mencegah DBD. Berikut mengutip Medical News Today.

1. Kenakan pakaian tertutup
Untuk mengurangi jumlah kulit yang terpapar gigitan nyamuk Aedes aegypti, kenakan pakaian tertutup seperti celana panjang, kemeja lengan panjang, dan kaus kaki. Anda juga boleh mengenakan topi saat melakukan perjalanan ke daerah berisiko.

2. Obat pengusir nyamuk
Gunakan obat pengusir nyamuk dengan konsentrasi sebanyak 10 persen diethyltoluamide (DEET). DEET dikenal sebagai obat anti-serangga yang paling efektif.

3. Hindari aroma
Sabun dan parfum dengan wangi menyengat umumnya sangat menarik perhatian nyamuk.

4. Atur waktu
Untuk menghindari nyamuk yang lalu lalang, coba lah untuk tidak berada di luar rumah saat sore hari hingga atau jelang matahari terbenam dan pagi hari atau setelah matahari terbit.

5. Hindari genangan air
Nyamuk Aedes aegypti berkembang biar di dalam genangan air. Memeriksa dan menghindari genangan air dapat membantu mengurangi risiko.

Menyimpan ember dengan posisi terbalik, mengurangi kadar air berlebih pada pot tanaman, hingga getol mengganti air dalam vas bunga bisa menjadi beberapa cara untuk mencegah DBD.

[Gambas:Video CNN]


(asr/asr)