Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Secara Alami

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 14/11/2019 15:10 WIB
Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Secara Alami Ilustrasi. Ada sejumlah cara untuk menghilangkan flek hitam secara alami. Foto: Istockphoto/Sasha_Suzi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wajah merupakan salah satu area kulit yang cukup sensitif. Itu sebabnya, masalah kulit kerap terjadi pada wajah terutama bila sering terpapar polusi, sinar matahari, bahkan bakteri.

Selain jerawat, flek hitam merupakan masalah kulit yang sering dialami oleh banyak orang, baik laki-laki maupun perempuan.

Ada beberapa penyebab mengapa flek hitam bisa menodai wajah mulus Anda yakni bekas jerawat, pigmentasi tak merata akibat paparan sinar UV, serta iritasi kulit.



Menghilangkan flek hitam secara alami memang membutuhkan waktu, tak secepat ketika Anda melakukan perawatan di salon kecantikan atau dokter kulit. Namun, bila dilakukan secara rutin, dapat membuat kulit wajah sehat secara keseluruhan.

Mengutip Healthline, berikut cara alami yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan flek hitam pada wajah.

Masker jus lidah buaya

Bila Anda memiliki tanaman lidah buaya, saatnya untuk dimanfaatkan. Oles daging lidah buaya yang telah dihaluskan langsung ke area wajah. Diamkan selama 30 menit sebelum kemudian dibilas dengan air hangat. Lakukan pada pagi dan malam hari sebelum tidur.

Sebuah penelitian pada hewan menyebutkan, penggunaan lidah buaya atau produk dengan kandungan lidah buaya secara konsisten dapat menstabilkan kadar melanin dalam sel.

Perasan lemon

Tuang beberapa tetes perasan lemon dalam wadah kecil. Lalu oleskan pada area flek hitam di wajah. Lakukan sebelum tidur tanpa perlu membilasnya.

Air lemon kaya akan vitamin C yang dapat menyerahkan warna kulit dengan cara menjadi agen 'depigmenting' yang efektif menurunkan pembentukan melanin.

Tabir surya

Paparan sinar UV dapat meningkatkan proses pigmentasi dan menghasilkan flek hitam pada kulit wajah. Terlebih bila wajah tidak diberi perlindungan.

Menggunakan tabir surya dengan kandungan SPF minimal 30 menit setiap hari terbukti dapat membantu mencegah semakin banyak kerusakan termasuk pembentukan flek hitam pada kulit wajah.

Menggunakan pelembab

Kulit yang lembab dan ternutrisi dapat melakukan regenerasi dengan lebih cepat. Dengan begitu, lapisan kulit bagian atas yang mulai rusak akan cepat digantikan dengan sel kulit baru.

Lama-lama, flek hitam juga akan ikut memudar seiring dengan pergantian sel kulit baru.


Scrubbing

Gunakan pembersih wajah dengan butiran halus setidaknya 3 kali seminggu. Ini akan membantu kulit menghilangkan kotoran sekaligus sel kulit mati.

Dengan begitu pergantian kulit menjadi lebih cepat. Flek pun akan turut memudar. (ayk/ayk)


ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA