Ciri-ciri Hemoglobin Rendah yang Paling Mudah Dikenali

tim, CNN Indonesia | Kamis, 14/11/2019 18:49 WIB
Ciri-ciri Hemoglobin Rendah yang Paling Mudah Dikenali Hemoglobin adalah metaloprotein atau protein yang mengandung zat besi dalam sel darah merah yang berfungsi untuk mengangkut oksigen dan paru-paru ke seluruh tubuh. (lannyboy89/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Seniman Sapardi Djoko Damono dirawat di RS Fatmawati karena kadar hemoglobin (Hb) yang menurun.

"HB drop (menurun) dan ini sudah ketiga kali dalam empat bulan ini. Belum tahu sebabnya, perlu pemeriksaan," kata Sonya kepada CNNIndonesia.com melalui pesan singkat, Kamis (14/11).

Turun atau rendahnya kadar hemoglobin dalam tubuh manusia sendiri sebenarnya masalah kesehatan yang biasa dihadapi. Kasus ini juga seiring dengan tingginya kasus anemia atau penyakit yang terjadi saat jumlah sel darah merah atau jumlah hemoglobin yang berada di bawah normal. Umumnya ini dikenal sebagai kurang darah.


Apa sebenarnya hemoglobin?

Hemoglobin adalah metaloprotein atau protein yang mengandung zat besi dalam sel darah merah yang berfungsi untuk mengangkut oksigen dan paru-paru ke seluruh tubuh. Jumlah Hb normal pria adalah 13,8 sampai 17,2 g/dL. Sedangkan untuk perempuan adalah 12,1 sampai 15,2 g/dL.

Mengutip berbagai sumber, berikut beberapa gejala kekurangan hemoglobin (Hb).


1. Cepat lelah
Orang dengan masalah kurang darah ini akan merasa lebih cepat lelah. Selain itu rasa cepat lelah yang melanda juga akan terasa lebih berat dari biasanya.

Saat Hb rendah, jantung harus bekerja lebih keras untuk memindahkan oksigen yang mengalir dalam darah ke seluruh tubuh. Hal inilah yang membuat tubuh Anda rasanya jadi cepat lelah.

2. Pucat
Kulit dan wajah pucat juga menjadi ciri-ciri Hb rendah dan anemia. Hemoglobin darah mengandung pigmen warna merah, sehingga ketika kadar zat tersebut rendah, warna kulit dan wajah juga akan mejadi pucat.

3. Pusing
Sering merasa pusing? Bisa jadi ini jadi ciri-ciri kekurangan hemoglobin. Ciri-ciri anemia ini biasanya terjadi ketika kadar hemoglobin di dalam sel darah merah terlalu rendah. Akibatnya, tidak ada cukup oksigen yang sampai ke otak.


4. Sesak napas
Kurangnya kadar hemoglobin dalam darah berakibat pada kurangnya pasokan oksigen ke seluruh tubuh. Hal ini menyebabkan otot tak dapat oksigen yang cukup untuk beraktivitas normal.

5. Berdebar-debar
Ketika kadar hemoglobin rendah, jantung akan mengalami palpitasi atau berdetak cepat melebihi kondisi normal.


(chs)