Makanan Sehat untuk Tingkatkan Hemoglobin Darah

tim, CNN Indonesia | Kamis, 14/11/2019 19:54 WIB
Makanan Sehat untuk Tingkatkan Hemoglobin Darah Ada beberapa makanan yang bisa membantu meingkatkan kadar hemoglobin darah (skeeze/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sastrawan Sapardi Djoko Damono dikabarkan tengah dirawat di rumah sakit karena kadar hemoglobinnya menurun. Salah satu kerabatnya, Sonya Sondakh menuturkan belum diketahui pasti penyebabnya sehingga masih perlu dilakukan pemeriksaan. Dirinya pun mengusahakan donor darah golongan B+ untuk Sapardi.

"Donor bisa saja diperlukan lagi jika sudah ada hasil lab terakhir. Terima kasih kepada semua yang bersedia donor. Tapi saya belum bisa pastikan seberapa banyak perlunya," kata Sonya pada CNNIndonesia.com melalui pesan singkat, Kamis (14/11).

Selain bantuan medis, dalam tingkat yang belum parah, memompa kadar hemoglobin juga bisa dilakukan dengan cara alami. Anda bisa menambah asupan makanan berikut agar kadar hemoglobin meningkat.


1. Daging

Hb rendah bisa diatasi dengan mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi. Zat besi salah satunya bisa diperoleh dari daging. Saat asupan zat besi cukup maka bisa mendukung produksi hemoglobin.

Selain daging, zat besi juga bisa diperoleh dari ikan, jeroan (hati ayam atau sapi), sayuran hijau semisal bayam, kacang-kacangan dan biji-bijian, juga brokoli.


2. Jeruk

Konsumsi daging dan bahan pangan kaya zat besi lain sebaiknya diimbangi dengan asupan yang membantu memaksimalkan penyerapan zat besi. Anda bisa memasukkan jeruk ke dalam daftar menu karena kandungan vitamin C-nya yang tinggi.

Konsumsi vitamin C dari jeruk maupun pangan lain seperti stroberi, jambu biji, pepaya, kiwi maupun sayuran lain bisa memaksimalkan penyerapan dan meningkatkan produksi zat besi. Keduanya bisa bersinergi memproduksi Hb.

3. Alpukat

Alpukat merupakan buah dengan kandungan lemak sehat. Kandungan folatnya bisa memainkan peranan penting dalam produksi Hb. Melansir dari Medical News Today, tubuh menggunakan folat untuk memproduksi heme yakni komponen pada Hb yang membantu mengangkut oksigen.

Tak hanya dari alpukat, asupan folat bisa diperoleh dari daging sapi, bayam, kacang tanah, kacang merah dan selada.


4. Ubi

Sejalan dengan vitamin C, konsumsi vitamin A  lewat ubi pun bisa membantu penyerapan zat besi. Keduanya pun bisa membantu tubuh mengolah zat besi.

Padukan pula dengan konsumsi beta karoten yang memiliki fungsi sama dengan vitamin A. Beta karoten bisa diperoleh dari bahan pangan dengan warna cerah seperti kuning, merah maupun oranye. Jangan ragu memasukkan wortel maupun mangga ke dalam menu Anda.

5. Bit

Satu dari sekian makanan terbaik untuk menaikkan kadar Hb adalah bit. Tak hanya tinggi zat besi, bit juga tinggi folat, potasium dan serat. Jadi dalam segelas jus bit, Anda bisa memperoleh aneka nutrisi. (els/chs)