Aquarobic, Aerobik di Air untuk Terapi hingga Bakar Kalori

Tim, CNN Indonesia | Senin, 18/11/2019 19:50 WIB
Aquarobic, Aerobik di Air untuk Terapi hingga Bakar Kalori Ilustrasi. Aquarobic tak mengharuskan Anda bisa berenang. Gerakan-gerakannya mudah dan menyenangkan. (Foto: Sparks Luxe Jakarta)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar. Salah satunya dengan aquarobic atau latihan aerobik di air. 

Bila Anda merasa olahraga di gym mulai membosankan, Anda bisa melakukan olahraga kebugaran yang berbeda lewat olahraga ini. Selain menyegarkan, aquarobic juga menawarkan banyak manfaat mulai dari membentuk tubuh ideal hingga menstimulus saraf.

Aquarobic merupakan latihan di dalam air yang dapat membangun kardio, kekuatan, dan ketahanan sendi. Aquarobic dilakukan di dalam air atau kolam renang dengan kedalaman 120-140 cm.



"Aquarobic itu latihan di dalam air, tidak berenang, berdiri, dan ada gerakan-gerakan khusus yang dilakukan dengan mengikuti instruktur," kata instruktur Aquarobic di Sparks Life Jakarta, Iwan kepada CNNIndonesia.com, beberapa waktu lalu.

Aquarobic mudah dilakukan karena tinggal mengikuti gerakan sederhana yang diperagakan instruktur. Iwan menjelaskan gerakan aquarobic mirip seperti aerobic, tapi lebih lambat karena berada di dalam air.

Mayoritas gerakan banyak dilakukan di tempat dan memanfaatkan tekanan air seperti meninju, melompat, skuad, dan lainnya. Salah satu gerakan gerakan yang menyenangkan adalah mendorong air seolah-olah seperti Avatar yang sedang mengendalikan air.

Tekanan dan gerakan di dalam air ini tak dilakukan sembarangan. Air digerakkan untuk membantu menstimulus semua saraf di dalam tubuh. Ini merupakan salah satu perbedaan aerobik dan aquarobic.

"Tantangannya ada di air karena menjadi lebih lambat dan berat. Tapi, ini juga menjadi manfaat karena menstimulus hingga saraf-saraf kecil. Kalau aerobik hanya pada kekuatan otot saja," tutur Iwan.

Manfaat menstimulus saraf ini membuat aquarobic digunakan sebagai metode untuk pemulihan cedera dan orang-orang tua. Iwan menyebut manfaat dari aquarobic yang menstimulasi saraf ini dapat menguatkan otot, menghilangkan kebas, dan keram.


"Semakin muda usia saat aquarobic manfaatnya akan semakin baik," kata Iwan yang membuka kelas di Sparks Luxe Jakarta setiap Selasa dan Jumat ini.

Selain menstimulasi saraf, aquarobic juga dapat membentuk tubuh ideal. Gerakan aquarobic juga banyak membentuk otot perut, pinggang, dan panggul. Kalori yang dibakar juga cukup banyak. Satu sesi aquarobic selama 45-60 menit dapat membakar kalori selama 400-500 kalori.

[Gambas:Video CNN]

(ptj/ayk)


ARTIKEL TERKAIT