HARI TOILET SEDUNIA

5 Cara Membersihkan Toilet Agar Tak Jadi Sarang Kuman

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 19/11/2019 10:22 WIB
5 Cara Membersihkan Toilet Agar Tak Jadi Sarang Kuman Ilustrasi. Agar sehat, kamar mandi tak cukup dibersihkan dengan sabun. (Foto: Dok. Maja Group)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tiap 19 November diperingati sebagai Hari Toilet Sedunia. Hari ini menjadi pengingat akan pentingnya menjaga kebersihan toilet dan kamar mandi. Sebab, toilet dan kamar mandi yang bersih menjadi faktor penentu kesehatan keluarga.

Wani Gunardi, dokter mikrobiologi klinis menjelaskan, tujuan membersihkan toilet dan kamar mandi bukanlah untuk membuat ruangan ini menjadi steril alias bebas bakteri, melainkan menghambat pertumbuhan bakteri agar tak sampai menginfeksi.

"Tujuan membersihkan untuk mengendalikan jumlah kuman sehingga tidak menjadi dosis infeksi," kata Wani saat temu media bersama Vixal di restoran Seribu Rasa, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (18/11).



Agar toilet dan kamar mandi menjadi sehat, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membersihkannya.

1. Bersihkan permukaan dengan sabun

Gunakan sabun khusus kamar mandi untuk membersihkan dinding dan lantai. Sesuaikan alat yang digunakan agar bersihnya bisa maksimal, seperti gunakan sikat untuk membersihkan lantai dan dinding, serta gunakan sabut untuk membersihkan permukaan wastafel.

2. Gunakan desinfektan

Karena tujuan membersihkan toilet dan kamar mandi adalah untuk mengendalikan jumlah bakteri, maka Wani menyarankan untuk menggunakan desinfektan. Caranya, campur cairan desinfektan dengan sedikit air, lalu siram pada area lantai.

Dia menjelaskan bakteri biasanya membentuk koloni, kemudian koloni-koloni berkumpul membentuk biofilm. Saat lantai toilet atau kamar mandi licin, maka kuman-kuman sudah membentuk biofilm. "Saat dibersihkan, koloni itu bubar, nah setelah itu pakai desinfektan untuk membunuh bakteri," katanya.

3. Beri waktu

Wani menyarankan untuk menunggu beberapa saat sebelum Anda menyiram cairan desinfektan dengan air. Tunggu sekitar 5 menit, lalu sikat sebentar, kemudian baru dibilas untuk terakhir kalinya.

"Ada contact time, waktu untuk bahan kontak, bekerja bunuh kuman," ucap Wani.

4. Bersihkan kran dan kenop flush

Tangan adalah alat transportasi bakteri. Selain menjaga kebersihan tangan dengan rajin cuci tangan, Anda juga perlu memastikan kebersihan bagian-bagian toilet dan kamar mandi yang sering disentuh.

"Biasanya orang hanya memperhatikan tutup kloset. Namun jangan lupakan kran, kenop flush, juga gagang pintu," kata Wani.


5. Perhatikan frekuensi

Tak ada patokan pasti terkait frekuensi atau berapa kali Anda musti membersihkan toilet. Wani berkata yang terpenting ialah melakukannya secara teratur. Frekuensi bersih-bersih bisa ditambah jika memang aktivitas di toilet dan kamar mandi sangat padat, seperti saat digunakan oleh banyak orang.

[Gambas:Video CNN] (els/ayk)




BACA JUGA