HARI TOILET SEDUNIA

Sederet Bakteri 'Penghuni' Toilet dan Bahayanya Bagi Tubuh

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 19/11/2019 07:30 WIB
Sederet Bakteri 'Penghuni' Toilet dan Bahayanya Bagi Tubuh Ilustrasi bakteri. (Foto: CNN)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tahukah Anda ada berapa banyak bakteri yang menghuni kamar mandi?

Dokter mikrobiologi klinis Wani Gunardi mengatakan, toilet atau kamar mandi bisa dihuni ratusan juta kuman. Bila tak dikendalikan, kuman-kuman dapat mencapai 'dosis' infeksi sehingga rentan membuat seseorang menjadi sakit.

Sejumlah penyakit akibat toilet atau kamar mandi yang kotor di antaranya diare, gangguan saluran pencernaan, masalah pernapasan, juga penyakit pada kulit.



Namun, tak hanya soal jumlah, jenisnya pun banyak.

Mengutip berbagai sumber, berikut beberapa jenis bakteri yang cukup umum ditemui di toilet.

1. E.coli

Escherichia coli atau E.coli sebenarnya bakteri yang hidup di usus manusia. Bakteri ini bermanfaat untuk menjaga sistem pencernaan. E.coli umumnya tidak berbahaya, tetapi ada jenis-jenis E.coli tertentu yang bisa menghasilkan racun.

Paparan E.coli bisa menyebabkan infeksi dan berujung pada sejumlah gejala seperti diare, sakit perut, mual dan muntah.

2. Salmonella

Salmonella umumnya menyebabkan penyakit pada organ pencernaan dengan gejala diare, kram perut, dan demam. Kadang gejala-gejala ini juga disertai sakit kepala, mual dan muntah.

Sedangkan Salmonella jenis S.typhi menyebabkan tifus. Bakteri masuk ke pembuluh darah dan sistem pencernaan sehingga menyebabkan gejala demam, mual, muntah hingga kematian.

3. Shigella

Shigella bisa menyebabkan infeksi shigella atau umum disebut shigellosis atau disentri. Saat masuk ke mulut, bakteri akan melepas racun yang bisa membuat usus besar kram. Lalu orang akan mengalami diare. Umumnya, infeksi bakteri ini akan membuat feses penderita berdarah atau berlendir.

4. Norovirus

Virus satu ini bisa menyebabkan inflamasi pada perut dan sistem pencernaan. Norovirus bisa membuat orang yang terinfeksi mengalami diare, mual dan muntah.

Norovirus pernah 'membuat ulah' jelang Olimpiade Musim Dingin di Pyeongchang, Korea Selatan. Melansir dari sejumlah sumber, virus mudah sekali menyebar di lokasi yang terisolasi seperti kapal persiar, tempat penitipan anak dan fasilitas tempat tinggal dalam sebuah gelaran yang cukup besar termasuk olimpiade.

5. Rotavirus

"Ada rotavirus yang umum menginfeksi bayi, anak-anak," kata Wani.

Jenis virus ini mengakibatkan infeksi pada usus. Umumnya, diare pada bayi dan anak-anak disebabkan oleh rotavirus. Karena menginfeksi kelompok rentan, rotavirus bisa sampai menyebabkan kematian lebih dari setengah juta anak di seluruh dunia.

Diare pada bayi maupun anak bisa menyebabkan dehidrasi dengan cepat.


6. Adenovirus

Selain norovirus dan rotavirus, toilet dan kamar mandi juga bisa dihuni kelompok Adenovirus. Kelompok virus ini bisa menyebabkan aneka infeksi baik pada mata, usus, paru dan saluran napas.

Adenovirus bisa menyebabkan penyakit saluran pernapasan dengan demam (febrile respiratory disease), gangguan saluran pernapasan bagian bawah, gastroenteritis (peradangan pada lambung, usus besar dan kecil), infeksi saluran kencing dan infeksi mata.

[Gambas:Video CNN] (els/ayk)