FOTO: Bergantung pada Dukun Beranak di Zimbabwe

AP, CNN Indonesia | Senin, 16/12/2019 09:51 WIB

, CNN Indonesia -- Krisis ekonomi membuat banyak perempuan Zimbabwe terpaksa melahirkan dengan bantuan dukun beranak.

Kanyoza--perempuan Zimbabwe berusia 18 tahun--berseri-seri saat tahu bayi kecilnya lahir dengan selamat di seorang dukun beranak. (AP Photo/Tsvangirayi Mukwazhi)
Bayi kecil itu lahir di sebuah apartemen kecil yang berlokasi di pinggiran Kota Harare. Dengan tangan kosong, seorang nenek membantu proses persalinan dan mengaku dibantu oleh bimbingan Tuhan. (AP Photo/Tsvangirayi Mukwazhi)
Kanyoza hanya satu dari banyak ibu yang melahirkan dengan bantuan dukun beranak bernama Esther Zinyoro Gwena (72). Gwena jadi 'pahlawan' di tengah krisis ekonomi Zimbabwe yang memaksa banyak perempuan mencari bantuan persalinan dari selain medis. (AP Photo/Tsvangirayi Mukwazhi)
Gwena telah membantu lebih dari 100 proses persalinan dengan apa adanya. Semua ibu yang melahirnya di apartemen dua kamarnya dinyatakan selamat. Tak ada tarif yang dipatok, Gwena hanya ingin membantu para ibu hamil. (AP Photo/Tsvangirayi Mukwazhi)
Sayang, beberapa faktor tampak dikesampingkan. Bangsal bersalin itu hanya berisi dari beberapa kotak kapas dan sarung tangan yang disumbangkan oleh istri Presiden Emmerson Mnangagwa. Kebersihan jadi satu hal yang dipertanyakan. (AP Photo/Tsvangirayi Mukwazhi)
Pejabat otoritas kesehatan Kota Harare, Prosper Chonzi mengkhawatirkan keadaan tersebut. Dia mengatakan, layanan persalinan di rumah seperti yang dilakukan Gwena tengah merajalela di Harare. (AP Photo/Tsvangirayi Mukwazhi)