HARI TOILET SEDUNIA

5 Tips 'Menjinakkan' Toilet Umum saat Berwisata

CNN Indonesia | Selasa, 19/11/2019 17:05 WIB
5 Tips 'Menjinakkan' Toilet Umum saat Berwisata Ilustrasi. (Istockphoto/turk_stock_photographer)
Jakarta, CNN Indonesia -- Banyak orang yang tidak terbiasa untuk buang air kecil atau besar di kamar mandi yang bukan ada di rumahnya. Tapi jika sedang berwisata, mau tidak mau kita harus menggunakan toilet umum.

Kamar mandi yang digunakan banyak orang sudah pasti mengandung banyak kuman. Tapi jangan takut, karena kita bisa meminimalisir kuman dengan beragam cara.

Mengetahui bahasa lokal untuk kata 'kamar mandi' atau 'toilet' bisa menjadi panduan untuk menemukan tempat buang hajat saat wisata.


Bagi yang sering merasa resah saat hendak menggunakan toilet umum saat wisata, berikut sejumlah tips yang bisa dilakukan:


1. Ketahui jenis toilet

Toilet jongkok sangat umum di negara-negara Asia, namun tidak di Amerika atau Eropa.

Turis Indonesia juga semakin terbiasa dengan toilet duduk, sehingga banyak yang kurang berpengalaman menggunakan toilet jongkok.

Jika ingin buang air tapi hanya menemukan toilet jongkok saat sedang wisata di negara Asia, persiapkan diri untuk menggunakannya.

Hati-hati saat melangkah, karena toilet jongkok biasanya basah. Asumsikan kalau tidak ada air dan tisu di dalam ruangan, jadi bekalilah diri.

Jangan membilas apapun kecuali kotoran dalam lubang.

2. Persiapan

Jangan selalu berasumsi bahwa akan ada air dan tisu dalam toilet. Bawalah tisu basah sekaligus tisu kering untuk berjaga-jaga.

Lakukan tes menyiram lubang sebelum menggunakan toilet untuk buang hajat.

Toilet di beberapa negara juga kadang tidak memiliki pintu. Kalau terpaksa buang hajat di tempat seperti ini, bawa masuk payung kecil yang bisa dibuka untuk menutupi saat kita berkegiatan.

3. Cuci tangan

Cucilah tangan dengan air atau hand sanitizer setelah membasuh dan menyiram serta setelah keluar dari kamar mandi, karena biasanya gagang pintu kamar mandi menjadi tempat favorit berkembang biak kuman.


4. Adab toilet kering

Jika sedang berwisata ke Asia dan merasa tidak nyaman menggunakan kamar mandi umum, sebaiknya tahan hajat dan cari gedung modern yang menyediakan toilet duduk.

Sebelum keluar toilet duduk, pastikan tempat dudukan sudah kita keringkan dan tidak meninggalkan becek, sehingga tidak membuat jijik orang yang akan menggunakan kamar mandi setelah kita.

5. Membayar tip

Selain tisu dan hand sanitizer, ada baiknya menyediakan uang kecil sebelum masuk ke toilet umum, karena di beberapa negara kamar mandi publik memberlakukan "tiket masuk".


[Gambas:Video CNN]

(vvn/ard)