7 Manfaat Biji Wijen, Kulit Sehat hingga Turunkan Kolesterol

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 19/11/2019 19:42 WIB
7 Manfaat Biji Wijen, Kulit Sehat hingga Turunkan Kolesterol Ilustrasi. Biji wijen kerap dianggap sebagai taburan makanan atau kue. Padahal, biji kecil ini memiliki sejumlah manfaat besar. (Foto: Pezibear/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Biji wijen kerap ditemui di berbagai olahan makanan, mulai dari onde-onde, sushi, hingga salad. Meskipun wijen sering kali hanya dianggap sebagai hiasan, namun sebenarnya biji kecil yang berasal dari tanaman wijen ini kaya akan manfaat.

Merangkum dari Healthline, berikut adalah 7 manfaat sehat biji wijen bila dikonsumsi rutin.

1. Menurunkan kadar kolesterol


Biji wijen mengandung 41 persen lemak tak jenuh ganda dan 39 persen lemak tak jenuh tunggal. Menurut penelitian, mengonsumsi lebih banyak lemak tak jenuh ganda dan lemak tak jenuh tunggal dapat membantu turunkan kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung.


Dalam studi yang diterbitkan International Journal of Food Science and Nutrition pada tahun 2012, mengonsumsi sekitar 1,5 ons biji wijen selama 60 hari dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi.

2. Kaya akan antioksidan

Senyawa lignan dan vitamin E yang terkandung dalam biji wijen memiliki fungsi antioksidan yang mampu membantu melawan stres oksidatif, yaitu reaksi kimia yang dapat merusak sel-sel pada tubuh dan meningkatkan risiko berkembangnya berbagai penyakit seperti kanker dan gangguan jantung.

Selain itu, antioksidan juga bisa membantu merawat kulit Anda agar terhindar dari tanda-tanda penuaan dini.

3. Menurunkan tekanan darah

Wijen kaya akan magnesium yang dapat membantu mencegah tekanan darah tinggi atau hipertensi. Selain itu, vitamin E dan antioksidan dalam wijen juga dapat membantu mencegah penumpukan plak di arteri, sehingga tekanan darah akan terjaga.

4. Meningkatkan kesehatan tulang

Biji wijen hitam kaya akan nutrisi yang penting untuk menjaga kesehatan tulang, yaitu kalsium.

Menurut Dr. Gargi Sharma, ahli nutrisi di Aayna Clinic di Delhi, "Massa tulang cenderung menurun setelah usia 35 tahun dan pengeroposan tulang akan terjadi lebih cepat pada wanita setelah menopause. Biji wijen hitam banyak mengandung kalsium dan zinc yang bisa membuat tulang lebih kuat."

5. Menyehatkan kulit

Minyak dari biji wijen mampu membuat kulit tetap lembut dan kenyal. Sifat anti-inflamasi yang dimiliki wijen juga penting untuk mengatasi kemerahan, luka dan masalah kulit wajah lainnya.

Anda bisa menyampurkan satu sendok makan minyak zaitun dan dua sendok makan biji wijen bubuk, kemudian aplikasikan campuran ini pada wajah sebagai masker. Untuk hasil terbaik, lakukan cara ini sekali hingga dua kali seminggu.

6. Meningkatkan fungsi pencernaan

Tiga sendok makan biji wijen hitam mengandung 3,5 gram serat, yang bisa memenuhi 12 persen dari kebutuhan serat harian.

Dengan kandungan tinggi serat, wijen dapat membantu lancarkan pergerakan usus sehingga Anda akan terhindar dari gangguan pencernaan seperti sembelit.


7. Meningkatkan sistem imun

Biji wijen mengandung zinc yang mampu mengembangkan dan mengaktifkan sel darah putih tertentu yang berfungsi untuk menyerang mikroba penyebab penyakit.

Selain zinc, biji wijen juga merupakan sumber nutrisi penting lain yang berfungsi menjaga sistem kekebalan tubuh, seperti selenium, zat besi, vitamin B6, serta vitamin E.


[Gambas:Video CNN]

(Aul/ayk)


ARTIKEL TERKAIT