Makan Kue Cokelat Saat Sarapan Bisa Bikin Langsing

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 20/11/2019 08:01 WIB
Makan Kue Cokelat Saat Sarapan Bisa Bikin Langsing Ilustrasi. Bila selama ini pelaku diet identik dengan sarapan oatmeal, sebuah studi justru menyarankan untuk sarapan kue cokelat. (Foto: Jakub Kapusnak/FoodiesFeed)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bagi pejuang diet, cokelat bisa menjadi salah satu makanan yang paling dihindari. Kandungan kalori dan gula yang tinggi pada cokelat dianggap rentan gagalkan usaha penurunan berat badan. Padahal tak dimungkiri kalau cokelat adalah salah satu makanan favorit perempuan. Bagaimana tidak, cokelat yang manis dianggap bisa memperbaiki mood yang mudah rusak dalam sehari. 

Namun, tahukah Anda bahwa alih-alih membuat gemuk, sarapan dengan kue cokelat justru bisa membantu turunkan berat badan?

Kue cokelat umumnya mengandung telur, susu, cokelat, dan gula. Dilansir dari Boldsky, sarapan dengan makanan manis yang kaya protein dan karbohidrat bisa memberi banyak manfaat untuk tubuh.



Untuk mencari tahu tentang kebenaran ini, sebuah studi meneliti efek kue cokelat terhadap penurunan berat badan.

Studi tersebut membagi 190 peserta bertubuh gemuk menjadi dua kelompok. Satu kelompok diminta untuk mengonsumsi kue cokelat dan donat saat sarapan, sedangkan kelompok lainnya diminta untuk mengonsumsi porsi sarapan yang lebih sedikit dengan jumlah kalori yang rendah.

Setelah melakukan pola makan tersebut selama 32 minggu, kedua kelompok diketahui mengalami penurunan berat badan yang mirip. Namun, selama masa penelitian kelompok yang sarapan dengan jumlah kalori rendah cenderung mengalami 'ngidam' makanan manis dan tinggi karbohidrat di siang hari, yang akhirnya mendorong mereka untuk curang saat diet.

Sementara itu kelompok yang sarapan dengan makanan manis cenderung tidak menginginkan makanan manis dan tinggi karbohidrat saat makan siang.

Mengonsumsi makanan manis dan tinggi karbohidrat di siang hari apalagi malam hari sering kali menjadi salah satu alasan utama dari bertambahnya berat badan. Pasalnya, metabolisme cenderung menurun di siang hingga malam hari, akibatnya berat badan pun akan mudah bertambah.


Manfaat lain dari sarapan dengan cokelat adalah untuk membantu menekan rasa lapar. Hal ini disebabkan karena cokelat bisa mengontrol hormon ghrelin yang bertanggung jawab merangsang nafsu makan.

"Sedikit hidangan manis sesekali dapat membantu mengendalikan keinginan untuk makan, dan memudahkan Anda mengikuti program penurunan atau pemeliharaan berat badan," ungkap Maria-Paula Carrillo, MS, RDN, LD, mengutip India Today.

(Aul/ayk)