Cara Mudah Mendeteksi Telur Busuk

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 20/11/2019 16:10 WIB
Cara Mudah Mendeteksi Telur Busuk Ilustrasi. Kualitas telur memang tak kasat mata, namun ada cara mudah agar Anda tak terjebak mengonsumsi telur yang mulai busuk. (Foto: Raw Pixel)
Jakarta, CNN Indonesia -- Telur merupakan salah satu menu favorit banyak orang. Telur kerap jadi pilihan karena harganya yang relatif murah serta pengolahannya yang mudah.

Dalam satu butir telur terkandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, terutama untuk anak-anak dalam masa pertumbuhan. Satu butir telur rebus utuh misalnya, mengandung 77 kalori, 0,6 gram karbohidrat, 6,3 gram protein, vitamin A, B2, B12, B5, selenium, lemak 5,3 gram, serta kolesterol 212 mg.

Namun, nutrisi tersebut akan jauh berkurang bila kualitas telur berkurang karena mulai membusuk. Alih-alih meningkatkan kesehatan, telur busuk justru dapat menimbulkan masalah kesehatan seperti diare, gatal-gatal pada kulit, serta risiko infeksi salmonela yang lebih tinggi.



Itulah mengapa, mencari tahu kualitas telur sebelum dimasak sangat disarankan demi menghindari risiko tadi, terutama saat menyajikan telur untuk anak-anak.

Membedakan telur segar dan busuk memang tak bisa dilihat secara kasat mata, namun ada trik mudah yang bisa Anda lakukan yaitu dengan merendam telur di wadah berisi air dingin, mengutip Lifehack.

Jika telur tenggelam ke dasar wadah, itu artinya telur dalam keadaan segar dan Anda bisa mengonsumsinya. Sebaliknya, jika telur mengapung di permukaan berarti telur telah busuk dan harus dibuang.

Hal ini terjadi karena telur yang segar tak memiliki udara di dalam cangkang, sehingga akan tenggelam ke dasar jika direndam. Semakin tua usia telur, cairan di dalamnya akan menguap sehingga telur akan lebih ringan dan mengapung ketika berada di dalam air.

Menurut Food and Drug Administration (FDA), telur akan tetap segar selama empat hingga lima minggu setelah dikemas, namun ini tergantung pada cara penyimpanan. Umumnya, di setiap bungkus telur terdapat tanggal kadaluarsa. Namun, tanggal kadaluarsa telur bisa berkurang atau lebih sesuai dengan cara penyimpanan.


Agar telur bertahan lebih lama dari tanggal kadaluwarsa, sebaiknya simpan telur di kulkas. Tempatkan telur di wadah khusus telur yang suhunya sudah diatur untuk menjaga kesegaran telur.

Jika telur yang Anda miliki adalah hasil ternak, simpanlah telur tanpa mencucinya terlebih dahulu. Anda bisa membersihkan telur dengan menggunakan lap. Pasalnya, cangkang telur memiliki lapisan alami yang membantu melindungi dari bakteri, jika lapisan ini hilang karena air maka telur akan lebih cepat busuk.

[Gambas:Video CNN] (Aul/ayk)


ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA