Manfaat Habbatussauda, Jintan Hitam Penyembuh Segala Penyakit

tim, CNN Indonesia | Kamis, 21/11/2019 11:13 WIB
Manfaat Habbatussauda, Jintan Hitam Penyembuh Segala Penyakit Habbatussauda atau jintan hitam berjuluk penyembuh segala macam penyakit. Julukan ini tak sembarangan, tapi terbukti secara ilmiah.(Istockphoto/ Bhofack2)
Jakarta, CNN Indonesia -- Habbatussauda atau jintan hitam berjuluk penyembuh segala macam penyakit. Julukan ini tak diberikan sembarangan, melainkan sudah terbukti secara ilmiah.

Habbatussauda merupakan rempah-rempah dan tanaman obat yang berbentuk butiran biji berwarna hitam. Habbatussauda sudah digunakan sejak ribuan tahun lalu di India, Pakistan, dan Timur Tengah.

Julukan habbatussauda sebagai penyembuh segala macam penyakit datang dari ucapan Nabi Muhammad Saw.


"Nabi Muhammad pernah mengatakan hendaklah kalian mengonsumsi habbatussauda karena merupakan obat dari segala macam penyakit kecuali maut," kata ahli khasiat herbal dan juga ustaz Febri Sugianto dalam peluncuran varian madu dan habbatussauda Lifebuoy di Jakarta, Rabu (20/11).


Febri yang pernah meneliti mengenai habbatussauda ini mengatakan seluruh bagian dari jintan hitam itu mulai dari biji, minyak, hingga ekstrak bermanfaat untuk kesehatan tubuh bagian dalam dan juga bagian luar.

"Habbatussauda itu unik, tidak hanya penyakit dari dalam, tapi juga di luar sangat efektif," ujar Febri.

Jintan hitam memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi yang dapat mengurangi peradangan di dalam tubuh, misalnya luka dan juga sel kanker. Sifat antioksidan pada habbatussauda juga bisa meningkatkan ketahanan tubuh sehingga dapat mencegah datangnya berbagai penyakit.

Pada tubuh bagian luar, Febri menyebut habbatussauda mengandung asam linolenat yang dapat menjaga kelembapan kulit. Kandungan biji habbatussauda juga bisa menjadi pengganti urang-aring yang dapat menjaga kesehatan rambut.

Penelitian pada tikus menunjukkan tikus yang dilumuri minyak habbatussauda dan dijemur selama tiga bulan, tidak mengalami kanker kulit. Sedangkan tikus yang dibiarkan berjemur tanpa minyak habbatussauda, mengembangkan kanker kulit.

Selain itu, jintan hitam juga memiliki sifat antialergi sehingga dapat melindungi kulit dari alergen.


"Antihistamin aktif dalam habbatussauda itu bereaksi pada proses yang dingin, sehingga tepat digunakan pada sabu, ketika disiram air antialerginya langsung aktif," ujar Febri.

Selain itu, habbatussauda juga mengandung asam amino yang tinggi, vitamin A, C, dan E.

(ptj/chs)