4 Cara Menguji Keaslian Madu

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 26/11/2019 12:14 WIB
4 Cara Menguji Keaslian Madu Ilustrasi. Ada sejumlah cara yang bisa digunakan untuk mengetes keaslian madu. (Foto: Istockphoto/ Filip_Krstic)
Jakarta, CNN Indonesia -- Madu merupakan bahan alami yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh, mulai dari melawan infeksi, menangkal radikal bebas, membantu turunkan berat badan, hingga menghaluskan kulit. Namun, agar manfaat madu yang didapat lebih maksimal, Anda perlu mengonsumsi jenis madu asli.

Perbedaan antara madu asli dan bukan memang tak kasat mata. Banyak madu yang dijual di pasaran dengan embel-embel madu asli, namun nyatanya ada tambahan bahan pelarut seperti gula, tepung jagung, atau pewarna makanan. Akhirnya, kualitas madu pun akan menurun sehingga manfaat yang diberikan juga tak maksimal.

Mengutip Times of India, berikut adalah 4 cara mudah mengetahui kemurnian madu yang bisa Anda lakukan di rumah.



1. Campur cuka

Campurkan satu sendok makan madu, sedikit air, dan 2-3 tetes cuka. Jika campuran berbusa, maka kemungkinan besar madu yang Anda miliki telah terkontaminasi dengan bahan lain.

2. Uji panas

Ambil korek api lalu bakar sedikit madu. Jika api menyala dengan mudah maka artinya madu yang Anda miliki murni, karena madu murni bersifat mudah terbakar. Sedangkan madu oplosan biasanya telah dicampur dengan bahan yang melembabkan, sehingga api tak akan menyala.

3. Uji air

Ambil satu sendok teh madu dan tuangkan ke dalam segelas air. Madu oplosan akan mudah larut dalam air, sedangkan madu murni membutuhkan waktu dan upaya lebih untuk larut. Selain itu, madu asli memiliki tekstur yang lebih padat sehingga madu akan mengendap di dasar gelas.


4. Tes ibu jari

Letakkan sedikit madu ke ibu jari Anda, jika madu tumpah atau menyebar seperti air maka artinya madu tersebut sudah dicampur dengan bahan lain. Madu murni memiliki tekstur kental dan tidak berair, sehingga jika diletakkan di ujung jari maka tak akan mudah menetes.

[Gambas:Video CNN] (Aul/ayk)


ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA