Aturan Soal Berat Bagasi di Sejumlah Maskapai Indonesia

CNN Indonesia | Jumat, 22/11/2019 19:41 WIB
Aturan Soal Berat Bagasi di Sejumlah Maskapai Indonesia Ilustrasi. (Istockphoto/VanderWolf-Images)
Jakarta, CNN Indonesia -- Awal tahun ini tiket penerbangan domestik, terutama dari maskapai berbiaya murah, mengalami kenaikan harga. Kenaikan harga tiket juga dibarengi dengan pembatasan jumlah bagasi penumpang.

Ada maskapai yang menggratiskan barang bawaan untuk masuk bagasi dan kabin hingga jumlah tertentu, dan ada pula maskapai yang menetapkan harga untuk bagasi per 5kg sampai 30kg.

Yang belum banyak diketahui penumpang ialah soal perbedaan barang bawaan di bagasi dan di kabin. Barang bawaan masuk bagasi berarti masuk ke lambung pesawat, sementara barang bawaan masuk kabin berarti masuk ke tempat penyimpanan di atas tempat duduk penumpang.



Walau banyak maskapai yang menggratiskan barang bawaan masuk kabin hingga 7kg, namun sebagai penumpang sebaiknya kita tahu diri untuk membatasi jumlah barang bawaan pribadi, sehingga masih ada sisa ruang penyimpanan untuk penumpang lainnya. Kalau mau membawa barang lebih banyak, silakan membayar biaya bagasi.

Jika harus menggunakan layanan bagasi, sebaiknya beli melalui online saat check-in karena biasanya ada penawaran potongan harga.

Ketentuan jumlah bagasi dan kabin untuk penumpang anak juga berbeda, jadi silakan ditanyakan terlebih dahulu sebelum anak yang memegang tiket dititipi barang bawaan.

Bagi yang berencana berwisata ke destinasi wisata Indonesia untuk liburan Natal dan Tahun Baru, berikut sejumlah maskapai beserta ketentuan bagasi untuk penumpangnya, seperti yang dikutip dari situs resmi maskapai dan berbagai sumber lainnya:

1. Citilink

Hingga saat ini maskapai Citilink masih memberikan promosi gratis bagasi 20kg untuk penumpang rute domestik dan 10kg untuk penumpang rute internasional.

Penumpang yang ingin membawa barang bawaan di kabin juga diberikan layanan hingga 7kg.

Bagi penumpang pesawat jenis Airbus A320, barang kabin yang dibawa maksimal berdimensi panjang, lebar, dan tinggi 56cm x 36cm x 23cm.

Untuk penumpang pesawat jenis ATR72-600 maksimal berdimensi 41cm x 34cm x 17cm.


2. Lion Air

Seluruh penumpang Lion Air diberi layanan kabin gratis maksimal 7kg, dengan dimensi maksimal 40cm x 30cm x 20cm.

Jika ingin menyimpan barang di bagasi, ada layanan pembelian mulai dari 5kg sampai 30kg. Harga berbeda di tiap penerbangan.

3. AirAsia

Setiap penumpang diperbolehkan menyimpan barang di kabin dengan maksimal berat 7kg dan berjumlah dua tas dengan ukuran 56cm x 36cm x 23cm (untuk ditaruh di ruang penyimpanan di atas bangku) atau 40cm X 30cm X 10cm (untuk ditaruh di bawah kursi).

AirAsia menggratiskan bagasi maksimal 15kg. Jika lebih dari itu, penumpang wajib membayar biaya kelebihan bagasi.

4. Garuda Indonesia

Kalau menggunakan maskapai pelat merah ini, penumpang yang berpergian bersama bisa menggabungkan berat bagasi. Penumpang kelas ekonomi mendapat bagasi gratis seberat 20kg, bisnis 30kg, dan utama 40kg.

Sementara itu barang bawaan di kabin hanya bisa seberat 7kg per penumpang.

5. Sriwijaya Air

Sejak Maret 2019, penumpang kelas ekonomi maskapai ini mendapatkan gratis bagasi hingga 15kg - dari yang semula 20kg.

Lalu kapasitas penyimpanan barang di kabin maksimal 7kg per penumpang.

6. Batik Air 

Maskapai ini memberikan layanan bagasi gratis maksimal 20kg per penumpang untuk kelas ekonomi, dan 30kg per penumpang untuk kelas bisnis.

Lalu untuk penyimpanan di kabin maksimal 7kg per penumpang.

Biaya kelebihan bagasi tergantung rute yang dituju.


[Gambas:Video CNN]

(vvn/ard)