5 Musisi Berkelas yang Wajib Tonton di Festival X Sydney

Advertorial, CNN Indonesia | Senin, 25/11/2019 00:00 WIB
5 Musisi Berkelas yang Wajib Tonton di Festival X Sydney 5 Musisi Berkelas yang Wajib Tonton di Festival X Sydney
Jakarta, CNN Indonesia -- Sepeninggal Stereosonic, festival musik favorit yang hype di Australia pada 2016, berbagai event besar mencoba mengisi kekosongan tersebut untuk menciptakan kembali suasana keseruan yang dihadirkan Stereosonic. Namun, tidak sepenuhnya event tersebut menciptakan atmosfer dan vibe serupa dengan festival berkelas internasional ini.

Belakangan diketahui untuk menggantikan keseruan atmosfer Stereosonic adalah dengan menghadirkan lineup musisi yang berkelas seperti yang dilakukan oleh Festival X yang siap berlangsung pada penghujung tahun bulan Desember 2019 ini. Festival X di gadang-gadang berhasil menggantikan atmosfer Streosonic. Hal itu terlihat dari banyaknya pemberitaan media massa dan hype menjelang acara.

Diumumkan pada bulan Juli 2019 lalu, Festival X menarik perhatian dengan segudang musisi terkenal. Di antaranya ada Calvin Harris, Armin van Buuren, Lil Pump, Blueface, Alison Wonderland, Camelphat, dan belasan penampil lainnya. Tidak tanggung-tanggung, festival ini akan digelar di empat kota besar Australia. Tanggal 28 November di Auckland, 29 November di Brisbane, 30 November di Sydney, dan 1 Desember di Melbourne.


Dengan daftar musisi yang begitu apik, kira-kira siapa saja yang patut mendapat perhatian lebih dari kamu?

1. Lil Pump

Meski kamu tak tahu namanya, atau tak mengenali wajahnya, kamu pasti pernah mendengar lagunya. Sejak dirilis tahun 2017, 'Gucci Gang' memang sering sekali berkumandang. Di radio, kafe, atau media-media streaming lagu. Bahkan, lagu ini dinominasikan menjadi Top Streaming Song oleh Billboard Music Awards pada tahun 2018. Namun, lagu dari Lil Pump bukan itu saja.

Pemilik nama asli Gazzy Garcia ini memiliki lagu keren lainnya. Ada lagi 'Esskeetit', 'Drug Addicts', dan 'Be Like Me'. Rapper Amerika terkenal dengan beat yang catchy dan musik yang turnt up, headliner satu ini dijamin akan membuat suasana festival menjadi semakin pecah.

2. Armin van Buuren

DJ sekaligus produser berkebangsaan Belanda ini tentu sudah bukan nama asing bagi kamu. Memajang namanya di sebuah festival kerap menjadi bumbu sukses. Sejak merilis album pertamanya pada 1996, nama Armin van Buuren terus berkibar. Jauh melampaui genre musik yang diusungnya yakni trance.

Superstar yang satu ini memiliki karier yang fantastis. Selama 13 tahun kariernya, ia menelurkan 6 album, 1 radio show, 1 record label, dan 5 kali didapuk menjadi jawara DJ Mag. Ketika genre trance berada di puncaknya, tidak ada nama yang lebih besar dan bersinar dibandingkan Armin van Buuren.

3. Alison Wonderland

Alexandra Sholler, atau Alison Wonderland, merupakan salah satu performer yang wajib kamu saksikan di Festival X. DJ, produser, sekaligus singer songwriter kelahiran 27 September 1986 ini mengusung genre EDM, electropop, dan chillwave. Lagu-lagunya sangat asik untuk didengarkan. Kunjungan singkat ke halaman Spotify-nya akan memastikan hal tersebut.

Kemampuan musiknya sudah terasah sejak kecil. Di Sydney, ia sempat belajar musik klasik dengan spesialisasi cello. Ia bahkan sempat tampil bersama Sydney Youth Opera. Setelah itu, ia mengeksplorasi minatnya dan musiknya di beberapa band indie. Barulah pada 2013 ia merilis musik di bawah persona barunya, Alison Wonderland. Ingin tahu seberapa asik lagu-lagunya? Datang saja ke Festival X.

4. Blueface

Johnathan Porter, lahir 20 Januari 1997, dikenal juga dengan nama Blueface Bleedem, atau Blueface. Rapper dari Amerika Serikat ini lahir di Los Angeles, California. Tahun lalu, tepatnya pada bulan Oktober 2018, setelah merilis lagunya yang berjudul 'Respect My Crypn', ia menjadi meme di internet. Semua akibat gaya rapnya yang seolah off-beat.

Setelah viral sebagai meme tersebut, namanya semakin bersinar. Tak lama kemudian, dia dikontrak oleh Cash Money West, label rekaman milik Birdman. Kini, ia siap mengguncang Festival X dengan musik hip-hop ala West Coast-nya.

5. Calvin Harris

Kalau kamu tidak kenal namanya, berarti kamu mainnya kurang jauh. Produser, DJ, dan songwriter ini sudah mengabadikan namanya di mana-mana. Di American Music Awards, misalnya, ia dinominasikan enam tahun berturut-turut (2012-2017) sebagai Favorite EDM Artist. Ia memenangi kategori tersebut pada 2014 dan 2015.

Pencapaian musik lainnya pun tak kalah fantastis. Saking gemilangnya, Wikipedia menyediakan laman tersendiri untuk merangkumnya. Calvin Harris merupakan salah satu musisi Skotlandia yang paling sukses. Ia telah berkolaborasi dengan berbagai musisi legendari. Sebut saja Pharrell, Rihanna, Katy Perry, dan Ellie Goulding.

Sepanjang kariernya, ia telah menelurkan berbagai hits. 'Summer', 'We Found Love', dan 'Sweet Nothing' merupakan beberapa di antaranya. Tak mengherankan jika Festival X membuatnya menjadi headliner.

Nah, sudah tahu kan siapa saja yang patut kamu tonton di Festival X? Langsung saja deh rencanakan liburan kamu ke Australia. Cari tiket pesawat ke Sydney Australia, atau kota-kota lain tempat Festival X diselenggarakan. Jangan sampai kamu ketinggalan event musik paling heboh di Australia tahun ini. (adv/adv)