Tips Berwisata Minim Budget ke Raja Ampat

Aulia Diza, CNN Indonesia | Minggu, 24/11/2019 14:06 WIB
Tips Berwisata Minim Budget ke Raja Ampat Ilustrasi. (Istockphoto/bymuratdeniz)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tak hanya turis domestik, Raja Ampat juga menjadi destinasi wisata impian bagi turis mancanegara. Kepulauan di Papua Barat ini telah mendapat banyak penghargaan internasional sebagai destinasi wisata terbaik di dunia.

Hanya saja berlibur ke Raja Ampat lebih sering dianggap mimpi, lantaran identik dengan biaya yang mahal.

Namun tak perlu khawatir. Jika sudah punya tiket dan pemesanan kamar hotel, sebenarnya ada beberapa tips wisata di Raja Ampat yang ramah kantong:


1. Memilih rute penerbangan langsung

Penerbangan ke timur Indonesia sudah lama dikenal mahal oleh banyak kalangan. Untuk mengakalinya bisa memesan tiket jauh-jauh hari atau memilih penerbangan langsung.

Bandar udara yang terdekat dengan Raja Ampat adalah bandar udara Domine Eduard Osok, Sorong, Papua Barat. Di Raja Ampat sudah ada bandar udara, namun untuk sementara ini hanya bisa melayani penerbangan domestik.

Beberapa maskapai sudah melayani penerbangan langsung dari Jakarta menuju Sorong. Harga tiket yang ditawarkan beragam tergantung dari maskapainya. Namun ada salah satu maskapai yang menjual tiket murah ke Sorong dengan harga sekitar Rp2 jutaan.

Lama perjalanan dari Jakarta menuju Sorong hanya menghabiskan waktu empat jam. Jadi tidak membuat fisik terlalu capek dan bisa menghemat tenaga berlibur di Raja Ampat.

2. Penyeberangan dengan kapal feri

Sebenarnya perjalanan menuju ke Raja Ampat bisa dilakukan dengan dua cara yaitu jalur laut dan jalur udara. Apabila menggunakan pesawat hanya membutuhkan waktu 30 menit, sedangkan kapal satu setengah jam.

Jika tak punya dana lebih untuk naik pesawat, bisa menggunakan kapal feri.

Pemberangkatan kapal feri di Pelabuhan Rakyat Sorong yang letaknya tidak terlalu jauh dengan bandara.

Menuju ke pelabuhan bisa menggunakan angkutan umum trayek A atau trayek B menjadi pilihan yang tepat dan murah.

Tarif tiket kapal feri bervariasi tergantung kelas yang dipilih.

Sekali penyebrangan kapal feri kelas ekonomi dipatok harga hanya Rp100 ribu menuju Pelabuhan Waisai, Raja Ampat.

3. Penginapan murah

Di Raja Ampat terdapat berbagai jenis penginapan yang bisa dipilih. Mulai dari penginapan ala hostel hingga resor mewah.

Bagi yang berkantong cekak, hostel menjadi rekomendasi penginapan terbaik di Raja Ampat. Kenyamanan hostel juga tidak jauh berbeda dengan hotel atau resor.

Harga hostel di Raja Ampat juga bervariatif mulai dari Rp300 ribu - 700 ribuan per malam. Apabila jeli mencari terdapat pula hostel yang memfasilitasi tamunya dengan tiga kali makan.

4. Memilih paket tur

Apabila sendiri dianggap masih terlalu menguras dompet, bisa beralih memilih paket tur wisata. Tidak jarang ada agen wisata menawarkan paket tur wisata Raja Ampat dengan harga miring.

Paket tur sudah lengkap dengan tiket pesawat, penginapan, transportasi, makan, penginapan dan biaya tiket masuk tempat wisata. Keuntungan dari paket tur bisa mengunjungi destinasi wisata lebih banyak.

Selain itu juga sudah disediakan bantuan pramuwisata atau pemandu yang bisa memberikan informasi menarik tentang destinasi wisata yang dikunjungi.

Dari empat tips ini bisa menjadi rekomendasi berlibur di Raja Ampat tanpa membuat kantong bolong dan cuma menjadi mimpi.

[Gambas:Video CNN]

(ard)