10 Cara Ampuh Usir Semut dari Rumah

tim, CNN Indonesia | Minggu, 24/11/2019 17:08 WIB
Kesal rasanya kalau rumah diserbu banyak semut. Berikut 10 cara ampuh mengusir semut dari rumah dengan bahan alami. Ada beberapa bahan alami untuk mengusir semut (David Higgins)
Jakarta, CNN Indonesia -- Selain kecoak, semut adalah salah satu serangga yang banyak bersarang di rumah. Semut-semut kecil yang 'manis,' biasanya suka 'mengikuti' makanan manis yang ada di rumah.

Akan tetapi, terkadang, meski tak ada lagi makanan manis dibiarkan di meja makan, semut-semut masih berdatangan. Ini hanya salah satu jenis semutnya, belum lagi semut merah, semut hitam besar, dan semut lain yang suka menggigit dan menyebabkan kulit bentol.

Beragam cara untuk mengusir semut pun sudah banyak dilakukan, sebut saja dengan menyimpan makanan manis, menggoreskan kapur semut, dan lainnya. Jika sudah gerah dengan banyaknya semut yang muncul di rumah, ada bisa melakukan cara-cara lain yang alami untuk mengusir semut dari rumah.


1. Cengkeh
Cengkeh bukan hanya enak diolah jadi nastar atau olahan makanan lainnya. Namun, batang cengkeh juga bisa mengusir semut dari rumah. Letakkan saja beberapa buah cengkeh di tempat yang banyak semut. Aroma cengkeh yang enak untuk manusia ternyata tak disukai oleh semut.



2. Kopi
Harumnya kopi, apalagi yang baru diseduh pasti bisa membangunkan indera Anda untuk segera beraktivitas. Namun berbeda dengan manusia, semtut ternyata tak suka dengan bau kopi. Anda hanya perlu menaburkan kopi bubuk di area semut 'pulang-pergi.'

3. Tepung terigu
Tepung terigu akan membantu mengusir semut dari rumah. Caranya mudah, Anda hanya perlu menaburkan tepung terigu di area-area yang haram dimasuki semut. Misalnya di sekeliling meja makan, sekeliling lemari makan, dan lainnya.

4. Lemon
Mengutip berbagai sumber, lemon yang asam juga bisa digunakan untuk mengusir semut nakal. Anda hanya perlu mencampur lemon dan air dalam botol semprot. Semprotkan jus lemon di area yang tempat semut bolak-balik masuk ke area rumah. Anda juga bisa menggunakan air lemon ini sebagai air pel lantai.

5. Lada
Taburkan lada hitam di tepian lantai. Semut sangat benci aroma pedas dan panas yang keluar dari lada.

6. Garam
Sama seperti lada, Anda juga bisa menaburkan garam untuk mengusir semut dari rumah. Taburkan garam dengan tinggi sekitar 3-5 cn di daerah rumah semut atau di area rumah.

Foto: Pixabay/Wiegots


7. Bedak tabur
Bedak tabur seperti bedak bayi bisa juga jadi cara untuk menghalangi semut masuk rumah. Caranya hanya dengan menaburkan bedak tersebut di sekeliling rumah.

8. Bubuk cabe
Bubuk cabe juga berfungsi ganda yaitu untuk membuat makanan jadi pedas dan juga untuk menghalau semut masuk serta berkeliaran di rumah.

Anda bisa menaburkan atau menempatkan bubuk cabe dalam sebuah wadah. Lalu letakkan wadah cabai bubuk ini di dekat makanan untuk mengusir semut. (chs)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK