Alasan Wanita Potong Rambut Usai Putus Cinta

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 26/11/2019 09:00 WIB
Bukan sekadar bosan, ada pesan khusus saat seorang wanita memutuskan untuk mengubah gaya rambut. Ilustrasi. Bukan sekadar bosan, ada pesan khusus saat seorang wanita memutuskan untuk mengubah gaya rambut. (Foto: Istockphoto/LightFieldStudios)
Jakarta, CNN Indonesia -- Saat wanita memutuskan untuk potong rambut rupanya tak sekadar ingin tampil beda. Ada alasan khusus di balik mengubah gaya rambut, terlebih usai patah hati akibat putus cinta.

Cosmopolitan mencatat, ada sejumlah selebriti Hollywood yang memamerkan gaya rambut baru pasca putus cinta. Di 2019, Khloe Kardashian memotong rambut panjangnya menjadi bob pendek setelah mengakhiri hubungan dengan Tristan Thompson.

Setelah berucap 'Thank u, next' pada Pete Davidson, penyanyi Ariana Grande juga memangkas rambutnya. Lalu, potongan rambut yang cukup ekstrem dipilih aktris Kristen Stewart. Pada 2015 silam, dia memotong cepak dan mengecat rambutnya dengan warna blonde usai putus dengan Alicia Cargil.



Coco Chanel berkata 'A woman who cuts her hair is about to change her life'. Perempuan yang memotong rambutnya akan mengubah hidupnya. Ini bukan sekadar kata bijak 'kaleng-kaleng'. Ada penjelasan ilmiah di balik potongan rambut baru perempuan.

Menurut Sanam Hafeez, ahli saraf klinis dan profesor di Columbia University rambut tak hanya aspek identitas dan bentuk ekspresi diri, ini satu dari beberapa hal yang bisa dikontrol cukup mudah.

"Mengubah gaya rambut bisa jadi pernyataan besar. Ini bisa berarti Anda mengumumkan sesuatu tanpa mengutarakannya atau dibuat jadi metamorfosis. Ini pernyataan instan bahwa ini membuat Anda jadi orang yang baru," jelas Hafeez mengutip dari Refinery29 (20/9).

Senada dengan Hafeez, Laura Berman seorang edukator seks dan hubungan, aksi potong rambut ini seperti 'mendandani' diri sendiri dengan rasa percaya diri atau rasa senang meski ada rasa kehilangan dan kesedihan.

"Ada sesuatu tentang potongan rambut ekstrem yang bisa terasa seperti katarsis setelah putus, seperti Anda memotong bobot mati dan menjadi lebih ringan dan lebih bebas," katanya melansir dari InStyle (10/10).

Tak hanya potongan rambut, perubahan bisa dilakukan dengan mengecat rambut. Dilansir dari HelloGiggles, penata rambut Eloise Cheung berkata gaya rambut baru dilakukan demi menampilkan diri dalam versi baru dalam waktu cepat.


"Perubahan gaya rambut dramatis adalah cara untuk menghempas masa lalu dan move on," imbuhnya.

Sebaiknya sebelum melakukan perubahan drastis, Anda berkonsultasi dengan penata rambut di salon langganan. Jangan sampai ingin tampil beda dan baru berujung pada tampilan rambut aneh yang tak cocok dengan wajah atau kepribadian.

[Gambas:Video CNN] (els/ayk)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK