Mengenal Kikiam, Makanan Filipina yang Hebohkan SEA Games

tim, CNN Indonesia | Selasa, 26/11/2019 18:07 WIB
Mengenal Kikiam, Makanan Filipina yang Hebohkan SEA Games Kikiam menjadi pembicaraan di dunia maya karena jadi menu sarapan di SEA Games Filipina(Istockphoto/ yuliang11)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kikiam di SEA Games Filipina menghebohkan dunia maya. Hal ini terjadi ketika Let Dimzon, pelatih tim football wanita Filipina memamerkan menu sarapan mereka.

"Saya tak yakin akan pengaturan PHISGOC, tapi kualitas dan kuantitas makanan tidak cukup," kata Dimzon dikutip dari News ABS.

"Seperti pagi ini, nasi, kikiam, dan telur."


Pelatih Malaysia, Joceph Jacob mendukung keprihatinan Dimon.

"Hari ini, sarapan saya dan sebagian besar pemain hanya makan roti dan telur. Kami akan melakukan turnamen besar, saya berharap mereka akan memperbaiki makanan," katanya.


Apa sebenarnya kikiam yang menghebohkan ini?

Mengutip berbagai sumber, kikiam adalah sejenis jajanan pinggir jalan (street food) di Filipina. Camilan ini sebenarnya mirip dengan otak-otak. Namun dalam versi lain ada juga yang mirip dengan ngo hiang.

Kikiam atau yang juga disebut sebagai quekiam ini biasanya dijual oleh penjaja kaki lima yang mendorong gerobak kayu dengan penggorengan di dalamnya. Ketika ada yang membeli, si pedagang akan langsung menggorengnya. Kikiam ini biasanya dijual bersamaan dengan penjual bola ikan atau udang yang ditusuk-tusuk seperti sate. Ketika akan disantap, kikiam ini akan diberi tambahan saus celup antara lain cuka pedas, sweet brown gravy, sweet and spicy brown gravy.

Pada dasarnya kikiam atau quekiam ini memiliki bahan dasar daging babi cincang yang dicampur udang cincang. Bumbu yang digunakan adalah bawang bombai, bawang putih, wortel, tepung maizena, dan lima bumbu dasar.


Ada beberapa versi kikiam. Ada yang dibungkus dengan kulit tahu seperti ngo hiang dan ada juga yang 'telanjang' seperti otak-otak.

Kikiam ini mirip seperti sosis. Makanan ini aslinya berasal dari China. Beberapa negara di sekitarnya pun mengadopsi resepnya, salah satunya Filipina yaitu kikiam, dan Indonesia yang diberi nama Ngo hiang. (chs)