10 Tanda Suami Mulai 'Coba-coba' Selingkuh

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 28/11/2019 12:06 WIB
10 Tanda Suami Mulai 'Coba-coba' Selingkuh Ilustrasi. (Foto: Istockphoto/jessicaphoto)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pernikahan tak selalu berjalan sesuai harapan, tantangan dan ujian kerap dihadapi setiap pasangan.

Dari semua permasalahan yang biasa menguji rumah tangga, salah satu yang paling ditakutkan oleh pasangan adalah kehadiran orang ketiga, mengutip Asia One.

Ada banyak faktor penyebab selingkuh. Namun, apapun alasannya, selingkuh dapat merusak hubungan, bahkan berakhir pada perceraian.



Berikut adalah ciri-ciri suami yang berselingkuh.

1. Tidur telat

Jika pasangan lebih sering terjaga lebih lama ketika semua orang sudah tidur, maka kemungkinan besar ada hal yang ia lakukan dan rahasiakan dari Anda. Meskipun hal ini belum pasti, namun keseringan tidur terlambat yang diiringi dengan bermain ponsel bisa menjadi tanda awal perselingkuhan.

Namun, sebelum menuduh pasangan selingkuh, cobalah sesekali meminjam ponselnya saat ia sedang asik bermain ponsel kala malam. Tanggapannya akan menentukan apakah ada indikasi selingkuh atau tidak.

2. Sembunyikan ponsel

Orang yang berselingkuh akan lebih menjaga ponselnya. Jadi, bila pasangan enggan meminjamkan ponsel, marah saat Anda melihat ponselnya, mengganti password ponsel, selalu membawa ponsel saat ke kamar mandi, atau tergesa memeriksa ketika ponsel berbunyi, bisa menjadi tanda kalau ia menyimpan 'orang ketiga' di ponsel.

3. Pengeluaran mencurigakan

Pasangan yang selingkuh umumnya akan lebih boros untuk pengeluaran yang tidak jelas untuk apa. Pengeluaran besar ini bisa berujung pada defisit keuangan atau penumpukan utang kartu kredit. Jadi, jika suami terlihat memiliki kartu kredit baru dan utangnya tampak menumpuk, maka Anda perlu cari tahu untuk apa ia menggunakan gaji bulanannya.

4. Perubahan selera musik

Menurut Clare, seorang pria yang tiba-tiba menyukai band atau genre musik yang tak pernah ia sukai sebelumnya, bisa jadi dipengaruhi oleh kehadiran wanita lain. Walau hal ini bukan tanda pasti perselingkuhan, tapi bisa jadi lagu tersebut menjadi musik 'kegemaran' bersama selingkuhan. Apalagi bila semua musik yang ia sukai bertema jatuh cinta.

5. Jawaban sarkastik

Kebohongan adalah 'kunci' agar perselingkuhan tak terbongkar. Namun, di keadaan tertentu, ia terkadang merasa gugup saat menjawab kecurigaan Anda sehingga akhirnya malah memberi jawaban yang sarkastik.

Jawaban sarkastik ditandai dengan menyindir balik, misalnya saat Anda bertanya 'kamu enggak selingkuh kan?', dia malah menjawab, 'kok nanya begitu, kamu mungkin ya yang selingkuh'.

6. Sering 'meeting'

Menurut Clare, salah satu korban perselingkuhan suami, pria sering kali menyebut selingkuhannya sebagai rekan kerja atau klien dan menggunakan dinas kantor sebagai alasan ketika sedang pergi dengan wanita lain.

Hati-hatilah jika suami sering menghabiskan waktu dengan rekan kerja yang ia bilang hanya sebagai teman. Apalagi jika rekan kerjanya genit, Anda perlu ekstra waspada.

7. Selera baru

Sebagai pasangan, Anda tentu sudah hafal dengan kebiasaan, cara bicara, gerak tubuh khas suami hingga selera dalam memilih makanan. Namun, jika Anda mendapati suami memiliki selera makanan atau restoran favorit yang berubah, bisa jadi ada seseorang yang telah memengaruhi.

8. Berdandan

Begitu pula dalam selera berdandan, perselingkuhan bisa membuat pasangan lebih sering membeli pakaian baru, merubah model rambut, berolahraga, bahkan melakukan sejumlah perawatan kulit. Ini menjadi tanda bahwa ada orang lain yang ingin ia buat terkesan.

9. Penurunan aktivitas seksual

Suami yang tiba-tiba tak tertarik berhubungan seksual bisa menjadi pertanda ia sedang tertarik dengan wanita lain. Namun perlu diingat, hal ini juga mungkin merupakan efek samping dari hubungan yang sudah lama terjalin.

Untuk itu, Anda perlu membicarakan lebih serius bila aktivitas seksual benar-benar menjadi jarang. Sebab, bukan tak mungkin, renggangnya kehidupan seksual lah yang menjadi penyebab perselingkuhan.


10. Lebih tertutup

Tak semua suami memiliki sikap yang terbuka. Namun, bila tadinya si dia adalah tipe yang senang bercerita tentang segala hal, namun menjadi kehilangan minat untuk berbagi cerita, bisa jadi ia telah memiliki 'orang ketiga' yang membuatnya lebih tertutup pada Anda. (aul/ayk)