Pria India Punya Ginjal Seberat 7,4 Kg

tim, CNN Indonesia | Selasa, 26/11/2019 22:55 WIB
Pria India Punya Ginjal Seberat 7,4 Kg Ahli bedah India berhasil memotong ginjal seberat bola bowling dengan berat sekitar 7,4 kg. (Istockphoto/Ben-Schonewille)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ahli bedah India berhasil memotong ginjal seberat bola bowling. Sachin Kathuria, anggota tim bedah mengungkapkan bahwa 'ginjal' ini harus diambil karena mengancam jiwa si pria.

"Ada benjolan besar yang menempati setengah dari perutnya. Kami tahu itu adalah ginjal yang besar tapi tak pernah mengira akan seberat ini," kata Kathuria kepada AFP.

Pria berusia 56 tahun ini menderita penyakit ginjal polisiklik dominan autosomal. Dia menjalani operasi selama dua jam di rumah sakit Sir Ganga Ram bulan Oktober lalu. 


Pria ini memiliki ginjal 7,4 kilogram. Sedangkan ginjal normal memiliki berat sekitar 120 hingga 150 gram dan panjangnya 12 sentimeter. Kathuria mengatakan ginjal yang dipotong dari pria itu hampir 45 sentimeter panjangnya.


Penyakit dari pria yang tak disebutkan namanya ini menyebabkan adanya kista yang penuh cairan tumbuh di ginjal. Dokter mengharuskan untuk melakukan operasi ketika mendeteksi terjadinya perdarahan internal dan menyebarkan infeksi.

Saat ini, kata Kathuria, pria itu dalam kondisi baik, menjalani dialisis dan menunggu transplantasi ginjal.

Guinness Book of Records mengatakan ginjal terbesar yang diambil dari manusia adalah 4,25 kg dalam operasi di Dubai pada 2017. (chs)