4 Vaksin Wajib Bagi Perempuan Sebelum Menikah

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 27/11/2019 12:35 WIB
4 Vaksin Wajib Bagi Perempuan Sebelum Menikah Ilustrasi. Beberapa vaksin dapat menghindari perempuan dari virus yang dapat membahayakan kehamilan. (Foto: CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Persiapan menikah identik dengan pesta, gaun, hingga pilihan menu prasmanan. Padahal, menyiapkan 'hidup sehat' usai menikah juga perlu dilakukan agar kebahagiaan dengan pasangan bisa maksimal.

Salah satu cara untuk menyiapkan hidup sehat pasca menikah ialah dengan melakukan vaksin. Sejumlah vaksin dapat membuat perempuan terhindar dari sejumlah penyakit.

Tak hanya mengurangi risiko penyakit yang ditularkan melalui hubungan seksual, beberapa vaksin juga bermanfaat agar perempuan terhindar dari virus yang dapat mengganggu kehamilan.



Berikut daftar vaksin yang direkomendasikan bagi perempuan sebelum menikah.

1. Vaksin HPV

Vaksinasi HPV atau Human Papilloma Virus merupakan vaksin untuk mencegah infeksi HPV yang ditularkan melalui sentuhan kulit ke kulit, termasuk lewat hubungan seksual. Infeksi HPV dapat menyebabkan sejumlah penyakit seperti kutil hingga kanker leher rahim atau kanker serviks.

"Vaksin HPV ini sangat penting sebelum menikah agar terhindar dari kanker serviks, satu-satunya kanker yang dapat dicegah," kata perwakilan Yayasan Kanker Indonesia dokter Venita Eng dalam jumpa media Halodoc di Jakarta, Selasa (26/11).

Vaksin HPV juga disarankan bagi laki-laki sebelum menikah.

2. Vaksin Hepatitis B

Vaksinasi hepatitis B digunakan untuk mencegah virus hepatitis B yang dapat ditularkan melalui hubungan seksual dan jarum suntik. Virus hepatitis B hidup di dalam darah dan cairan tubuh seperti sperma dan cairan vagina.

Infeksi hepatitis B dapat menyebabkan komplikasi seperti sirosis dan kanker hati.

3. Vaksin MMR

Vaksinasi Mumps, Measles, & Rubella (MMR) merupakan vaksin yang dapat mencegah penyakit gondong, campak, dan campak Jerman. Vaksin ini berguna agar perempuan tidak terserang virus terutama pada masa kehamilan.

Virus MMR dapat menyebabkan gangguan pada janin seperti cacat hingga lahir mati.


4. Vaksin flu

Vaksinasi flu dibutuhkan bagi perempuan sebelum menikah agar terhindar dari virus influenza terutama pada masa kehamilan.

"Saat hamil, hampir semua obat flu tidak disarankan untuk ibu hamil, sehingga lebih baik mencegahnya," tutur Venita.

Daftar vaksin ini bisa didapatkan di dokter dan rumah sakit sebelum menikah.

[Gambas:Video CNN] (ptj/ayk)