Makanan Ringan yang Ramah untuk Penderita Diabetes

Tim, CNN Indonesia | Senin, 02/12/2019 14:08 WIB
Makanan Ringan yang Ramah untuk Penderita Diabetes Ilustrasi. Salad dapat membantu penderita diabetes untuk merasa kenyang dan menahan keinginan makan yang dapat meningkatkan gula darah. (Kaboompics)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejumlah makanan ringan dapat membantu penderita diabetes untuk memiliki kadar gula darah yang terkontrol, menekan nafsu makan, hingga merasa kenyang lebih lama.

Diabetes sendiri terjadi saat tubuh tak mampu lagi menghasilkan atau menggunakan insulin dengan benar. Kondisi itu disebabkan oleh pilihan gaya hidup, seperti banyak makan tinggi karbohidrat, gula, hingga lemak jenuh, yang diikuti dengan malas olahraga.

Itu mengapa, butuh perubahan gaya hidup yang total untuk mencegah atau mengontrol diabetes.



"Diabetes memang tak bisa disembuhkan. Namun, gaya hidup aktif dan pilihan makanan yang baik bisa membantu Anda mengontrol kadar gula darah," kata ketua Perawatan & Pendidikan Kesehatan di American Diabetes Association Maggie Powers.

Berikut adalah sejumlah makanan yang menurut Powers dapat membantu menjaga kadar gula darah, melansir Web MD.

1. Salad sayur rendah karbo

Hampir semua saus salad yang dijual di pasaran kaya akan lemak, karbo dan gula. Namun, bukan berarti Anda hanya bisa menikmati sayur dengan rasa hambar.

Sejumlah saus salad lezat bisa Anda buat sendiri di rumah, pilihannya ialah hummus, guacamole, dan salsa. Atau gunakan rosemary yang dicampur dengan bawang putih untuk menumis sejumlah sayuran agar wangi.

Untuk pilihan sayuran yang rendah karbo antara lain jamur, terong, tomat, kubis brussel, dan zucchini.

2. Keripik sayur

Camilan tepat bisa membuat penderita diabetes tetap bisa ngemil sembari menikmati tayangan favorit. Saat keripik kentang tak lagi bisa menjadi pilihan, saatnya beralih pada keripik sayur buatan sendiri.

Powers menyarankan untuk memilih kangkung atau bayam sebagai bahan utama keripik.

Caranya, campur minyak zaitun dan Italian herb, lalu balurkan sedikit pada tiap daun kangkung atau bayam. Panggang di atas wajan yang telah dilapisi aluminium foil selama 5-10 menit sampai daun terasa garing.

3. Minuman segar rendah kalori

Segelas soda atau es teh manis memang menyegarkan untuk dinikmati kala siang hari atau setelah makan besar. Namun, ada pilihan minuman segar yang memberikan sensasi sama namun menyehatkan.

Powers menyarankan untuk memotong lemon atau mentimun dan memasukkannya ke air dingin. Anda juga bisa menambahkan daun mint untuk memberikan aroma dan kesegaran lebih.

Bila Anda penyuka minuman hangat, rebus teh dengan sedikit kayu manis untuk menciptakan aroma manis.

"Tak hanya rendah karbohidrat, minuman beraroma tersebut juga dapat menekan nafsu makan berlebih," kata Powers.

4. Es krim yogurt beri

Es krim mungkin menjadi hidangan penutup yang diidamkan oleh penderita diabetes. Namun, bukan berarti kenikmatan es krim tak bisa diganti.

Anda bisa membuat es krim sendiri, dengan cara mencampur yogurt rendah lemak dan tanpa gula dengan buah melon dan beri. Manis alami dalam beri yang bercampur dengan yogurt dapat membersihkan rasa layaknya es krim.

Anda bisa menikmati hidangan penutup ini sebagai kudapan di antara makan siang dan malam. Nikmati sebanyak 1 cangkir kopi.

5. Camilan tinggi serat

Walau masih memiliki karbohidrat, sejumlah makanan memiliki rasa gurih yang bisa membuat penderita diabetes merasa puas.

"Cobalah kacang-kacangan seperti kacang polong dan lentil," saran Powers.

Beberapa makanan ringan untuk penderita diabetes tersebut dapat mengenyangkan perut dan menekan nafsu makan yang berlebih saat malam hari.

[Gambas:Video CNN] (ayk/ayk)