FOTO: Kilau Mutiara Uni Emirat Arab

AFP, CNN Indonesia | Senin, 02/12/2019 20:00 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Jauh sebelum minyak, mutiara lah yang berperan mendorong perekonomian Uni Emirat Arab (UEA). Pesona mutiara UEA tak terelakkan dalam sejarah.

Ratusan tahun sebelum minyak dan pariwisata mendorong ekonomi Uni Emirat Arab, mutiara lah yang membuat negara itu tetap hidup. (GIUSEPPE CACACE / AFP)
Jika dilacak lebih dalam, leluhur dari banyak keluarga di Uni Emirat Arab umumnya memiliki keterkaitan dengan perdagangan mutiara. (GIUSEPPE CACACE / AFP)
Salah satunya adalah Abdulla Al Suwaidi yang menjaga budaya dan industri mutiara di Uni Emirat Arab ini tetap hidup melalui Suwaidi Pearls. (GIUSEPPE CACACE / AFP)
Berbasis di desa kecil Al Rams di kaki pegunungan Hajer, Suwaidi Pearls didirikan pada 2005 lalu. Suwaidi Pearls menjadi satu-satunya ladang mutiara komersial di Uni Emirat Arab. (GIUSEPPE CACACE / AFP)
Mutiara yang dimiliki Uni Emirat Arab sendiri memiliki kekhasan dalam segi kualitas dan ketebalan. (GIUSEPPE CACACE / AFP)
Bulan lalu, otoritas Abu Dhabi mengumumkan bahwa mutiara alami tertua di dunia ditemukan di Pulau Marawah. Mutiara kuno itu akan ditampilkan untuk pertama kalinya di Louvre Abu Dhabi. (GIUSEPPE CACACE / AFP)
Kepala Bidang Arkeologi Departemen Budaya dan Pariwisata Abu Dhabi, Peter Magee mengatakan bahwa mutiara berusia 8 ribu tahun itu menjadi bukti eratnya hubungan antara perdagangan mutiara dengan masyarakat Uni Emirat Arab dahulu kala. (GIUSEPPE CACACE / AFP)


ARTIKEL TERKAIT