Rayakan Tahun Baru, Festival Anti-Diet Digelar di London

CNN Indonesia | Selasa, 03/12/2019 14:13 WIB
Rayakan Tahun Baru, Festival Anti-Diet Digelar di London Ilustrasi. Festival anti-diet digelar untuk memerangi obsesi masyarakat terhadap budaya diet dan stereotip bahwa cantik harus langsing. (Istockphoto/Urilux)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menyambut pergantian tahun baru 2020, memiliki tubuh ideal masih menjadi salah satu resolusi yang diimpikan sebagian orang. Tak sedikit pula yang telah merencanakan program diet demi tercapainya impian memiliki tubuh ideal.

Namun, hal berbeda dilakukan oleh Becky Young, pendiri Anti Diet Riot Club. Alih-alih mempromosikan program diet, kelompok ini justru menggelar festival anti-diet bertajuk Anti Diet Riot Fest 2020 di London, Inggris.

Festival ini digelar untuk menandakan dua tahun berdirinya klub yang dibentuk sekaligus memerangi obsesi masyarakat terhadap budaya diet dan stereotip bahwa cantik harus langsing.


"Festival ini didedikasikan untuk menyehatkan jiwa dan pikiran Anda dengan workshop, talkshow, tanpa obrolan tentang diet atau body-shaming," kata Young, melansir Metro.

Becky sendiri mengaku mulai tergerak untuk melawan stereotip kecantikan setelah selama 15 tahun terakhir bersusah payah melakukan diet berbagai cara. Tak main-main, pinggulnya bahkan sempat patah dalam usahanya menjadi kurus.

"Setelah 15 tahun diet dan mengalami kenaikan dan penurunan berat badan berkali-kali, saya menemukan komunitas body acceptance di blog dan Instagram. Itu telah merubah pandangan saya terhadap apa yang sudah saya lakukan kepada tubuh dan kesehatan mental saya," tutur Becky.

Melalui perkenalannya dengan konsep body acceptance, Young bisa berdamai dengan tubuh dan juga makanan-makanan yang ingin dilahapnya.

"Saya ingin membentuk jaringan body positivity kecil-kecilan di luar media sosial," kata dia.

Klub ini percaya bahwa diet tak menjamin penurunan berat badan jangka panjang. Klub ini juga melabeli diet sebagai sesuatu yang membuang-buang waktu, uang, dan energi serta emosional. Dengan klubnya ini, Becky berharap dapat menyebarkan rasa cinta terhadap diri sendiri dan meningkatkan kesadaran akan gerakan anti-diet.

"Tujuan kami adalah untuk mendidik sebanyak mungkin orang tentang konsekuensi diet bagi kesehatan tubuh dan mental dan untuk menginspirasi orang agar lebih mencintai diri sendiri tanpa peduli berapa berat badannya," jelas Becky.

[Gambas:Video CNN] (aul/asr)