Penyebab Lingkar Hitam pada Mata Walau Cukup Tidur

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 03/12/2019 08:15 WIB
Penyebab Lingkar Hitam pada Mata Walau Cukup Tidur Ilustrasi. Tak hanya kurang tidur, sejumlah faktor bisa menyebabkan kulit di sekitar mata menjadi lebih gelap layaknya mata panda. (Foto: Istockphoto/GMint)
Jakarta, CNN Indonesia -- Lingkaran hitam mata yang kerap disebut dengan mata panda biasanya muncul akibat kurang tidur.

Mata yang lelah membuat pembuluh darah di sekitar mata melebar sehingga kulit sekitar mata cenderung lebih gelap.

Mendapatkan cukup istirahat, seperti memenuhi durasi tidur 7-8 jam semalam untuk orang dewasa dapat membuat lingkar hitam bawah mata perlahan memudar.



Namun, bila tidur cukup tak mampu menghilangkan lingkaran hitam bawah mata dan mata masih saja terlihat gelap, tandanya Anda perlu mengamati sejumlah hal yang juga bisa memunculkan lingkaran hitam di bawah mata.

Berikut sejumlah penyebab munculnya lingkaran hitam pada mata mengutip Times of India.

1. Alergi

Polusi udara yang kian pekat serta angin kencang di masa pergantian musim dapat membuat sejumlah partikel pencetus alergi terbang dan bersarang di mata. Ketika partikel kecil masuk ke mata, maka tubuh bisa menghasilkan senyawa kimia bernama histamin sebagai alarm terhadap alergen.

Histamin dapat melebarkan pembuluh darah di bawah mata sehingga membuat kulit sekitar mata menjadi lebih gelap. Selain itu, aliran darah pun menjadi lebih cepat dan menyebabkan mata iritasi, berwarna merah, dan bengkak.

Obat tetes mata bisa menjadi solusi untuk membersihkan mata dari partikel yang memasuki mata. Termasuk untuk mengatasi mata kering yang ditandai dengan rasa perih dan memerah.

2. Kurang minum

Saat tubuh kekurangan cairan, bukan hanya rasa haus saja yang timbul, namun tubuh juga akan cepat merasa lelah.

Salah satu area yang mudah lelah akibat kurang cairan ialah mata. Dehidrasi dapat membuat mata mudah lelah, sehingga melebarkan pembuluh darah di sekitar mata yang membuat area mata terlihat gelap.

3. Makanan asin

Sejumlah makanan dapat membuat tubuh mengasup lebih banyak garam dari yang direkomendasikan yakni makanan olahan, gorengan, serta makanan ringan.

Asupan garam yang berlebih dapat menyebabkan resistensi air di dalam tubuh, terutama di area mata. Kondisi tersebut dapat membuat kulit di bawah mata meregang sehingga membuatnya terlihat lebuh gelap dan lelah.

Untuk mengatasinya, imbangi asupan garam berlebih dengan konsumsi air untuk 'membuang' kelebihan garam.

4. Banyak minum kopi

Walau minum air sangat disarankan untuk mengatasi lingkaran hitam bawah mata, namun tak begitu dengan minum kopi.

Kopi memang dapat membuat mata lebih 'awas', namun kebiasaan minum 4-5 cangkir kopi dalam sehari justru dapat membuat tubuh dehidrasi, cepat lelah dan memengaruhi kondisi mata.

Bila Anda tak bisa mengurangi kafein, ganti kopi dengan teh hijau tanpa gula yang mengandung banyak antioksidan untuk membuat kulit sehat dan cerah.

5. Melihat dekat

Ponsel, tab, serta layar monitor juga dapat menyebabkan mata lelah, melebarkan pembuluh darah dan memunculkan lingkaran hitam.

Agar mata tetap segar, istirahat setelah menatap layar selama 20 menit. Beri mata kesempatan untuk melihat jauh.

Tak kalah penting, periksa kesehatan mata setidaknya 1 tahun sekali. Bila mata mengalami penambahan minus, Anda mungkin membutuhkan kacamata agar mata tak mudah lelah.


6. Faktor genetik

Bila lingkaran hitam mata sudah ada sejak Anda kecil, tandanya ini merupakan faktor genetik.

faktor genetik bisa berupa pigmentasi hingga bentuk tulang mata yang akhirnya membuat area di sekitar mata terlihat lebih gelap.

Tak ada cara untuk benar-benar menghilangkan lingkar hitam pada mata yang diakibatkan faktor genetik. Namun, perawatan kulit di area mata dapat membuat kulit terlihat lebih cerah.

[Gambas:Video CNN] (ayk/ayk)


BACA JUGA