5 Manfaat Daun Ketumbar untuk Kesehatan

CNN Indonesia | Rabu, 04/12/2019 15:49 WIB
5 Manfaat Daun Ketumbar untuk Kesehatan Ilustrasi. Daun ketumbar dikenal kaya akan nutrisi dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. (Istockphoto/ Amarita)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tak hanya menambah aroma sajian makanan, daun ketumbar juga bisa bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Daun ini berasal dari tanaman bernama latin Coriandrum sativum. Biji dari tanaman ini disebut ketumbar yang umumnya dijadikan bumbu masak.

Sejumlah negara di Asia kerap menggunakan ketumbar dalam ragam sajiannya seperti kari.


Tanaman yang kerap disebut sebagai 'peterseli China' ini juga dikenal serbaguna. Tanaman dikenal kaya akan nutrisi dan telah digunakan sebagai obat herbal sejak lama.

Berikut manfaat daun ketumbar, mengutip berbagai sumber.

1. Menutrisi mata
Daun ketumbar kaya akan kandungan vitamin C. Dalam setiap 28 gram daun tersaji sekitar 7,6 miligram vitamin C. Angka ini setara dengan 13 persen kebutuhan vitamin C harian.

Mengutip situs Healing Plant Foods, vitamin C membantu tubuh membentuk dan menjaga jaringan ikat, seperti salah satunya kolagen pada kornea.

Nutrisi bermanfaat lain yang ditemukan dalam daun ini adalah senyawa beta karoten. Senyawa ini terbukti dapat melindungi mata dari degenerasi makula terkait usia yang menyebabkan hilangnya penglihatan pusat.

2. Mencegah penyakit jantung
Ketumbar telah terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam tubuh. Keduanya diketahui sebagai beberapa di antara faktor pemicu penyakit jantung.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Food and Chemical Toxicology juga menemukan bahwa ketumbar dapat mencegah kerusakan oksidatif yang menjadi faktor risiko gangguan jantung.

3. Mengatasi masalah menstruasi
Baik biji atau daun ketumbar telah lama digunakan sebagai obat rumahan untuk memperlancar menstruasi. Tanaman ini membantu mengatur fungsi kelenjar endokrin serta hormon yang terlibat dalam menstruasi.

Selain itu, tanaman juga disebut dapat membantu mengurangi kram dan kembung saat menstruasi.

4. Menjaga kesehatan kulit
Tanaman ketumbar diketahui mengandung sifat antiseptik, antijamur, detoksifikasi, dan antioksidan yang dapat melindungi kulit dari infeksi jamur, kekeringan, dan eksim.

Daun ketumbar juga diketahui mengandung linolenat, senyawa antioksidan yang dapat mencegah tubuh dari beragam infeksi.

Mengutip Medlife, senyawa ini membantu menjaga kulit dari peradangan dan membuat kulit tetap cerah.

5. Menjaga tulang tetap kuat
Ketumbar memiliki sumber kalsium yang kaya. Hal ini membuat ketumbar tepat digunakan untuk menjaga kesehatan tulang.

Sebagaimana diketahui, kalsium berperan penting dalam menjaga tulang tetap sehat dan mencegah osteoporosis.

Meski daun ketumbar memiliki beragam manfaat, Anda juga perlu berhati-hati dengan efek samping yang dihasilkan. Penggunaan daun ketumbar berlebih bisa menimbulkan reaksi alergi.

[Gambas:Video CNN] (asr/asr)